Bima Sakti Siap Meninggalkan Jabatannya sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Kamis, 22 November 2018
Bima Sakti Siap Meninggalkan Jabatannya sebagai Pelatih Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman. (AFF Suzuki Cup).

BolaSkor.com - Sebagai bentuk pertanggung jawaban atas pencapaian buruk Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Bima Sakti Tukiman menyatakan kesediannya mundur dari pelatih kepala. Kini, arsitek berusia 42 tahun itu menunggu keputusan dari PSSI.

"Kalau memang PSSI memutuskan kami mundur, kami siap," ujar Bima di Jakarta, Kamis (22/11).

Timnas Indonesia tersingkir lebih cepat di Piala AFF 2018. Tim berjuluk Skuat Garuda ini tereliminasi di babak penyisihan grup. Hanya meraih tiga poin dari tiga partai, Hansamu Yama dan kawan-kawan sudah tidak mungkin untuk mengakhiri klasemen di peringkat pertama atau kedua.

Adapun, kontrak Bima menangani Timnas Indonesia akan berakhir seusai gelaran Piala AFF 2018. Dirinya berserta staf pelatih hanya menerima kerja sama dalam waktu singkat sejak 21 Oktober 2018.

"Harapannya ke depan siapapun pelatihnya asing atau lokal kita harus dukung. Semaksimal mungkin. Tim pelatih tak mudah," kata Bima.

Bima juga meminta PSSI untuk serius dalam menggarap kompetisi usia dini, yang nantinya bakal bermuara di Timnas Indonesia. "Saya harap media terutama masyarakat mengerti bahwa ini proses tak mudah. Kita liat Thailand dan Vietnam dari usia dini mereka dibentuk jadi memiliki dasar yang bagus," tuturnya.

Timnas Indonesia masih harus melakoni partai terakhir Grup B melawan Filipina. Pertandingan itu bakal digelar pada 25 November 2018.

"Ada plus minus ke depan persiapan lebih banyak. Pemain tidak terpengaruh media sosial. Siapa pun yang main besok kami harap dapat dukungan masyarakat," imbuhnya.

Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2018 Bima sakti
Posts

1.188

Bagikan