BolaSkor.com – Timnas Indonesia meraih tiga poin pertama dari penyisihan grup B Piala AFF 2018. Usai kalah 0-1 dari Singapura di Stadion Nasional, Kallang, Tim Merah Putih menang 3-1 atas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sempat tertinggal dari gol Rufino Gama di menit 48, Indonesia bangkit dan berbalik unggul melalui tiga gol yang dicetak Alfath Fathier (60’), Stefano Lilipaly (penalti di menit 69), dan Alberto “Beto” Goncalves (82’).

Ada pemandangan menarik dari pertandingan tersebut, di mana jumlah penonton terbilang sedikit dan terlalu banyak bangku kosong di dalam stadion. Ini unik, karena warga Indonesia biasanya antusias mendukung Timnas mereka. Baik di usia muda hingga pemain senior.

Cukup banyak faktor yang disinyalir memengaruhinya seperti: laga yang berlangsung di hari kerja (weekday), lawan yang di atas kertas kalah kualitas dari Indonesia, kekalahan 0-1 Indonesia dari Singapura sebelumnya, hingga seruan yang meramaikan media sosial.

Tagar #KosongkanGBK sempat menjadi topik tren di Twitter. Entah apa maksud dari tagar itu. Diduga, itu bentuk protes fans kepada Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia), Edy Rahmayadi, atau kecewa dengan performa Indonesia di laga melawan Singapura.

Bima Sakti Tukiman, pelatih Timnas Indonesia, turut mengomentari isu tersebut di sesi konferensi pers pasca laga berakhir. Ia mengakui tidak pernah membaca media sosial dan meminta para pemain melakukan hal yang sama, mengabaikannya. Meski diakui oleh Bima Sakti, kritikan dibutuhkan timnya untuk bisa maju.

“Pertama-tama saya ingin ucapkan alhamdullilah. Malam ini kita bisa memenangkan pertandingan, saya juga berterima kasih kepada pemain yang sudah bekerja keras dan maksimal malam ini. Meski kita sempat tertinggal, tapi kita masih bisa bangkit. Tidak lupa juga saya berterima kasih kepada suporter yang sudah mendukung kita dari awal,” ucap Bima Sakti mengawali sesi konferensi pers.

“Kita butuh kritikan kita butuh masukan tapi saya terus terang tidak pernah membaca medsos (media sosial), saya juga berpesan ke pemain yang sama, jangan terpengaruh suara-suara di luar. Tapi, kita tidak berpengaruh. Saya juga sampaikan kepada pemain agar tidak menanggapinya,” pungkasnya.

Pasca pertandingan ini, Indonesia akan melawan Thailand di laga ketiga grup B yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand di laga pertama menang 7-0 atas Timor Leste dan baru memainkan satu laga lebih sedikit.