BolaSkor.com – Kekalahan 0-1 dari Singapura telah dilupakan Timnas Indonesia. Tim Garuda bangkit dan meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste di laga kedua grup B Piala AFF 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11) malam WIB.

Gol pembuka yang dicetak Timor Leste di menit 48 oleh Rufino Gama membangkitkan Indonesia, hingga mereka mampu berbalik unggul dari gol Alfath Fathier, penalti Stefano Lilipaly, dan Alberto “Beto” Goncalves.

Dalam pertandingan itu juga pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman, merombak hampir 80 persen susunan pemain dari skuat terakhir yang bermain melawan Singapura.

Pemain seperti Andik Vermansah, Fachruddin Aryanto, Muhammad Hargianto, Gavin Kwan Adsit, Fathier, Septian David Maulana turun jadi starter di laga itu. Beberapa di antaranya pemain senior dan cukup berpengalaman di Piala AFF.

Bima pun mengakui bahwa keberadaan pemain-pemain berpengalaman dalam skuatnya membantu permainan Indonesia. Menurutnya, mereka membantu permainan tim karena mampu mengatur ritme lebih baik dan juga berkomunikasi lebih baik dengan rekan setimnya. Tapi, itu bukan berarti Bima menganakemaskan pemain-pemain senior berpengalaman.

“Yang pasti semua pemain punya kesempatan main dan kita butuh pemain-pemain berpengalaman, (karena mereka handal) mengatur ritme dan berkomunikasi dengan pemain lain. Semua punya kesempatan pemain (di laga berikutnya) dan kita lihat dua hari ke depan, lihat pemain senior dan lebih berpengalaman (yang siap bermain),” ucap Bima Sakti.

Tidak lupa, di akhir Bima Sakti mempersembahkan kemenangan itu untuk korban bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu beberapa waktu lalu. “Kemenangan ini kami persembahkan untuk saudara-saudara kita di Palu. Yang penting tetap semangat dan bangkit (untuk para korban gempa dan tsunami Palu).”

Pada laga berikutnya, Indonesia akan melawan Thailand di Rajamangala Stadium, Bangkok, pada Sabtu (17/11).