Bintang Laga Belanda Vs Austria: Denzel Dumfries Menjaga Tradisi Bek Sayap

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 18 Juni 2021
Bintang Laga Belanda Vs Austria: Denzel Dumfries Menjaga Tradisi Bek Sayap
Denzel Dumfries Man of the Match laga Belanda vs Austria (@EURO2020)

BolaSkor.com - Timnas Belanda sukses mengamankan satu tempat di fase gugur Piala Eropa 2020. Der Oranje - julukan Belanda - memastikannya usai menang 2-0 atas Austria di laga kedua grup C di Amsterdam ArenA, Jumat (18/06) dini hari WIB.

Austria menyulitkan Belanda dengan kegigihan bermain mereka dan penguasaan bola mencapai 54 persen, tetapi Belanda arahan Frank de Boer bermain efisien dengan 14 tendangan dan empat di antaranya tepat sasaran dengan menggunakan taktik 3-4-1-2.

Gol pertama lahir dari penalti Memphis Depay di menit 11 dan gol penentu kemenangan dicetak oleh Denzel Dumfries di menit 67. Dumfries kembali jadi penentu kemenangan Belanda usai golnya juga membawa Belanda menang 3-2 atas Ukraina di laga sebelumnya.

Belanda menyusul Italia dan Belgia sebagai tim-tim yang lolos ke-16 besar Piala Eropa 2020. Georginio Wijnaldum dkk mengoleksi enam poin dari dua kemenangan dan untuk saat ini berada di puncak klasemen grup C.

Dumfries (25 tahun) sejauh ini di Piala Eropa 2020 menjadi satu-satunya pemain yang memenangi penghargaan Man of the Match dua kali beruntun dan layak mendapatkannya. Penghargaan itu spesial mengingat posisi bermainnya yang bukan penyerang.

Baca Juga:

5 Hal Menarik Mengenai Denzel Dumfries, Klien dari Agen Super Eropa

Fernando Rapallini, Wasit Pengukir Debut Bersejarah di Piala Eropa 2020

Denzel Dumfries

Menjaga Tradisi Bek Sayap

Dumfries merupakan salah satu pemain yang memanfaatkan betul Piala Eropa 2020 untuk mentenarkan dirinya di Eropa. Di antara nama-nama top seperti Depay, Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, dan Wiijnaldum, Dumfries mampu mencuri perhatian.

Berposisi sebagai bek kanan, Dumfries ditempatkan oleh De Boer sebagai bek sayap kanan dalam formasi 3-4-1-2 yang diterapkannya. Dalam taktik itu De Boer mengedepankan permainan sayap kala timnya bermain ofensif.

Denzel Dumfries dan Patrick van Aanholt ditempatkan sebagai dua bek sayap oleh De Boer. Keduanya memiliki kecepatan bermain, naluri bertahan bagus, dan Dumfries menyempurnakannya dengan naluri mencetak gol.

Dumfries sudah menorehkan dua gol dari dua laga di Piala Eropa 2020, catatan bagus mengingat posisinya sebagai bek sayap. "Saya mencoba menemukan ruang dengan naik menyerang. Kami telah mencetak lima gol (total) dengan hebat," ucap Dumfries selepas laga berakhir.

Menurut catatan Opta Denzel Dumfries menjadi pemain kedua sepanjang masa yang mencetak gol di dua laga pertama Piala Eropa untuk Belanda, sebelumnya adalah Ruud van Nistelrooy yang notabene memang penyerang.

"Dumfries menjalani turnamen dalam hidupnya," begitu ucapan Liam Canning, Direktur dan Agen Sepak Bola Berlisensi Eropa. Bahkan menurut Squawka dua golnya itu sebanyak yang dilakukan Dumfries dalam 30 laga Eredisivie bersama PSV Eindhoven musim lalu.

Statistik Dumfries di laga itu menurut Whoscored adalah satu tendangan (berbuah gol), operan sukses 60 persen, memenangi duel bola udara empat kali, dan sekali merebut bola sukses dari lawan. Penampilan apik Dumfries menjaga tradisi bek sayap yang ofensif.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Denzel Dumfries Belanda Timnas Belanda Piala Eropa 2020 Piala eropa Bintang Laga Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan