Bintang Laga Belgia Vs Kanada: Thibaut Courtois, Penyelamat di Kala Tim Loyo

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 24 November 2022
Bintang Laga Belgia Vs Kanada: Thibaut Courtois, Penyelamat di Kala Tim Loyo
Thibaut Courtois usai menggagalkan penalti Kanada (@FIFAWorldCup)

BolaSkor.com - Generasi emas timnas Belgia kembali diuji di Piala Dunia 2022 yang dapat jadi yang terakhir untuk mereka, sebab mereka yang masuk kategori generasi emas tersebut tidak lagi muda seperti Eden Hazard dan Kevin De Bruyne.

Belgia telah mengawali perjalanan di grup F melawan Kanada, tim yang kembali bermain di Piala Dunia setelah absen 36 tahun. Laga dihelat di Ahmed bin Ali Stadium, Kamis (24/11) dini hari WIB.

Gol dari Michy Batshuayi di menit 44 jadi pembeda pertandingan dan Belgia menang 1-0. Tim arahan Roberto Martinez punya 54 persen penguasaan bola tetapi hanya melepaskan sembilan tendangan, tiga tepat sasaran.

Sementara Kanada dengan 46 persen penguasaan bola, punya 22 percobaan tendangan dan tiga di antaranya tepat sasaran. Timnas Belgia sedianya tak bermain dalam performa terbaik dan loyo bak mesin yang belum panas.

Baca Juga:

Spanyol 7-0 Kosta Rika: Start Sempurna La Furia Roja

11 Fakta Menarik Usai Spanyol Bantai Kosta Rika

Hasil dan Klasemen Grup E-F Piala Dunia 2022: Start Mulus Timnas Belgia

Untungnya di kala tim masih loyo tersebut Belgia punya kiper berusia 30 tahun yang kini membela Real Madrid, Thibaut Courtois. Ia memberi semangat kepada rekan setimnya dan bahkan menyelamatkan Belgia dari potensi kekalahan.

Pasalnya Courtois mengagalkan penalti Alphonso Davies di babak pertama dan itu artinya, Courtois sudah melakukan lima penyelamatan dari total sembilan penalti yang diterimanya pada 2022 (55 persen).

Selain itu merangkum statistik dari Sofascore dan Statmandave, Courtouis punya catatan tiga penyelamatan, tiga penyelamatan dari dalam kotak penalti, 54 sentuhan bola, lima kali sukses memberikan bola lambung jauh.

Tak ayal penyelamatan yang dilakukan Courtois itu memberikan semangat kepada Eden Hazard dkk, sebab Kanada arahan John Herdman bermain dengan spartan dan gigih saat menekan para pemain Belgia. Betapa sulitnya Courtois ditembus cukup membuat Kanada frustrasi dan menjadi inspirasi bagi Belgia.

Sosok Bintang Laga Piala Dunia 2022 Belgia Timnas Belgia Courtois Thibaut courtois Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.173

Bagikan