Bintang Laga Inggris Vs Iran: Bukayo Saka Keluar dari Mimpi Buruk

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 21 November 2022
Bintang Laga Inggris Vs Iran: Bukayo Saka Keluar dari Mimpi Buruk
Bukayo Saka (twitter/arsenal)

BolaSkor.com - Bukayo Saka menyumbang dua gol saat Inggris melibas Iran 6-1 pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Senin (21/11) malam WIB.

Masih teringat apa yang terjadi di Stadion Wembley pada 2011 silam. Ketika itu Inggris di depan publik sendiri gagal menjuarai Piala Eropa 2020 usai dibekuk Italia lewat adu penalti pada laga puncak. Saka yang menjadi penendang kelima Inggris gagal menjalankan tugasnya dan membuat Italia menjadi juara.

Tak pelak, itu menjadi mimpi buruk bagi pemain muda kelahiran Ealing, London. Sebagai pemain belia, Saka harus menerima cacian bahkan pelecehan rasial akibat kegagalannya.

Baca Juga:

Inggris 6-2 Iran: Hujan Gol, The Three Lions dan Southgate Catat Sejarah

Piala Dunia 2022: Masih Bisa Naik Level, Kylian Mbappe Baru Capai Potensi 50 Persen

Cristiano Ronaldo, Manusia Pertama 500 Juta Pengikut di Instagram

Namun, Saka mampu bangkit. Performanya terus melesat. Musim lalu dia terpilih menjadi Player of the Year Arsenal. Southgate pun kembali memberi kepercayaannya memperkuat Inggris di Piala Dunia 2022, buah dari kecemerlangannya bersama Arsenal.

Kepercayaan tersebut dibayar lunas Saka lewat penampilan apiknya pada laga melawan Iran. Dia langsung mencetak dua gol berkelas. Gol pertama dibuatnya lewat sepakan voli kaki kiri. Sedangkan gol kedua diawali aksi memukaunya di kotak penalti.

Saka lahir di Ealing, London Raya, daripasangan Yoruba Adenike dan Yomi Saka. Orang tuanya beremigrasi ke London dari Nigeria sebagai migran ekonomi.

Dalam sebuah wawancara, Saka menyatakan pentingnya peran sang ayah dalam karier sepak bolanya. "Dia adalah inspirasi besar bagi saya. Sejak masih muda, dia selalu membuat saya rendah hati, membuat tetap rendah hati."

Pada 29 November 2018, Saka melakukan debut tim utama Arsenal dalam pertandingan Liga Eropa UEFA melawan Vorskla Poltava, ia masuk sebagai pemain pengganti Aaron Ramsey pada menit ke-68.

Pada 1 Januari 2019, Saka mencatat debut di Premier League saat Arsenal menang 4-1 melawan Fulham. Saka merupakan pemain kelahiran abad ke-21 pertama yang bermain dalam pertandingan Premier League.

Pada tanggal 1 Oktober 2019, Saka dipanggil ke skuad senior Inggris untuk pertama kalinya dan melakukan debut internasionalnya sebagai starter dalam kemenangan 3-0 atas Wales.

Saka dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Inggris tahun ini untuk musim 2021-22 dan menjadi pemain Arsenal pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

Bintang Laga Piala Dunia 2022 Piala Dunia Piala dunia 2022 Bukayo Saka Timnas Inggris Arsenal Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.106

Bagikan