Bintang Laga Italia Vs Turki: Leonardo Spinazzola, Bek Kiri Roma

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 Juni 2021
Bintang Laga Italia Vs Turki: Leonardo Spinazzola, Bek Kiri Roma
Leonardo Spinazzola (@Guillaumemp)

BolaSkor.com - Timnas Italia mengalahkan Turki di Stadio Olimpico pada laga pembuka grup A Piala Eropa 2020, Sabtu (12/06) dini hari WIB dengan skor telak 3-0. Gli Azzurri sempat dibuat kerepotan oleh permainan Turki.

Turki besutan Senol Gunes bak memeragakan permainan catenaccio yang pernah dilakukan Italia di masa lalu: bertahan rapat dan mengandalkan serangan balik. Taktik itu membuat Italia frustrasi hingga paruh pertama berakhir imbang tanpa gol.

Keran gol Italia baru terbuka di babak kedua melalui gol bunuh diri Merih Demiral (53'), Ciro Immobile (66'), dan Lorenzo Insigne (79'). Italia, dengan penguasaan bola 64 persen, layak memenangi pertandingan terlebih Turki tanpa satu pun tendangan tepat sasaran.

Insigne, Immobile, atau Giorgio Chiellini bisa dengan mudah terpilih menjadi bintang laga pilihan BolaSkor.com. Akan tapi seperti halnya Man of the Match versi UEFA, BolaSkor.com memilih Leonardo Spinazzola sebagai bintang laga kali ini.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Italia 3-0 Turki: Pesan Serius Gli Azzurri

Piala Eropa 2020: Sederet Fakta Menarik dari Kemenangan 3-0 Italia atas Turki

9 Aturan yang Tak Banyak Diketahui di Piala Eropa 2020

Leonardo Spinazzola

Kunci Serangan di Kiri

Bek kiri berusia 28 tahun konstan mengancam pertahanan Turki di sisi kanan yang dijaga Mehmet Zeki Celik dan Kenan Karaman. Pemain AS Roma itu membuat Insigne leluasa bergerak ke sisi tengah permainan, sebab area sayap kiri serangan dihidupkan oleh Spinazzola.

Spinazzola bahkan melepaskan dua tendangan dan salah satunya ditepis oleh kiper Turki, Ugurcan Cakir dan bola rebound disambar Immobile hingga berbuah gol. Spinazzola juga membahayakan pertahanan Turki dengan umpan silang dan penetrasi yang kerap dilakukannya.

Mancini melihat itu dan dapat dibuktikan dengan masuknya Giovanni Di Lorenzo di babak kedua, menggantikan Alessandro Florenzi yang notabene berposisi sebagai bek kanan. Ada indikasi Mancini ingin sisi kanan sama 'hidupnya' dengan sisi kiri permainan.

Spinazzola punya rata-rata operan sukses 86 persen, tiga kali mendribel bola, dan sekali merebut bola dari penguasaan lawan.

"Pemain Italia paling berbahaya di babak pertama, datang dari sayap kiri. Dia (Spinazzola) mempertahankannya di babak kedua dan menciptakan gol kedua dengan usahanya yang hanya bisa ditepis kiper ke kaki Immobile," tutur salah satu pengamat teknik UEFA, Esteban Cambiasso.

Bintang Laga Piala Eropa 2020 Breaking News Piala eropa Piala Eropa 2020 Italia Timnas Italia Leonardo Spinazzola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.170

Bagikan