Bintang Laga Jepang Vs Kroasia: Tangan Ajaib Dominik Livakovic

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 06 Desember 2022
Bintang Laga Jepang Vs Kroasia: Tangan Ajaib Dominik Livakovic
Dominik Livakovic (Twitter Piala Dunia)

BolaSkor.com - Tim nasional Kroasia melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Jepang pada babak 16 besar. Dominik Livakovic menjadi pahlawan Vatreni pada duel tersebut.

Kemenangan Kroasia diraih dengan tidak mudah. Bahkan, Jepang menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 berkat gol Daizen Maeda pada menit ke-43.

Ivan Perisic menjaga asa Kroasia berkat golnya pada menit ke-55. Sundulan Perisic meluncur keras ke gawang Jepang.

Kedua tim saling jual beli serangan pada waktu tersisa. Jepang memiliki sejumlah peluang emas mendulang gol. Namun, penampilan apik Dominik Livakovic menjadi batu sandungan.

Baca Juga:

7 Fakta Menarik Inggris ke Perempat Final Usai Tekuk Senegal

Inggris 3-0 Senegal: The Three Lions Tantang Prancis di Perempat Final

Jepang 1-1 (1-3 Pen) Kroasia: Dominik Livakovic Redam Sensasi Samurai Biru

Sepanjang laga, sang kiper membendung empat tembakan tepat sasaran penggawa Jepang.

Penampilan sang penjaga gawang berlanjut pada saat yang dibutuhkan. Karena skor 1-1 bertahan hingga babak tambahan kedua usai, laga dilanjutkan ke adu tendangan penalti.

Pada saat itulah Dominik Livakovic semakin bersinar. Kiper 27 tahun itu tiga kali menepis tendangan algojo Samurai Biru.

Tendangan penalti yang digagalkan Livakovic adalah milik Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. Tangan Livakovic menggapai bola-bola yang dilepaskan pemain Jepang. Penjaga gawang Dinamo Zagreb itu hanya gagal membendung penalti Takuma Asano.

Sementara itu, para eksekutor Kroasia jauh lebih baik. Hanya Marko Livaja yang gagal mencetak gol. Kroasia pun unggul 3-1 pada adu tendangan penalti.

Oleh karena itu, sulit ditepiskan jika laju Kroasia ke perempat final tidak lepas dari penampilan apik Livakovic.

Menurut Squawka, Livakovic masuk dalam buku sejarah Piala Dunia sebagai kiper yang bisa menepis tiga tendangan penalti dalam satu episode tos-tosan. Sebelumnya, catatan itu ditorehkan kiper Portugal, Ricardo, dan sang kompatriot, Danijel Subasic.

Kini, Kroasia memastikan diri melangkah ke perempat final. Kroasia akan menantang pemenang duel Brasil melawan Korea Selatan.

Bintang Laga Piala Dunia 2022 Dominik Livakovic Timnas Kroasia Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan