BolaSkor.com - Tim Nasional Prancis sukses mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 pada laga perdananya di grup F Piala Eropa 2020. Paul Pogba layak dinobatkan sebagai bintang laga Les Blues.

Dalam laga yang berlangsung di Allianz Arena, Rabu (16/6) dini hari WIB, Prancis dan Jerman bertarung cukup seimbang. Namun tim asuhan Didier Deschamps lebih efektif dalam memanfaatkan peluang.

Prancis memang kalah tipis dalam hal penguasaan bola. Hal itu bisa dimaklumi karena Jerman bermain di depan publik sendiri dan tertinggal sejak menit ke-20.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Prancis 1-0 Jerman: Gol Bunuh Diri Menangkan Les Blues

Piala Eropa 2020: Membandingkan Kemewahan Lini Depan Jerman dan Prancis

Kagum, Benjamin Pavard Sebut N'Golo Kante Punya Enam Paru-Paru

Salah satu aksi Paul Pogba

Meski begitu, bukan berarti lini tengah benar-benar dikuasai Der Panzer. Prancis yang mengandalkan Pogba dan N'Golo Kante sebagai poros permainan mampu mengimbangi gelandang-gelandang Jerman.

Khusus Pogba, gelandang Manchester United tersebut menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang kelas dunia. Ia mampu tampil maksimal baik saat bertahan maupun menyerang.

Hal itu bisa terlihat dari statistik. Pogba hampir selalu unggul dalam berbagai sisi.

Pogba tercatat menjadi pemain Prancis yang paling banyak melakukan sentuhan dengan bola (78 kali) serta operan (52 kali). Ia juga paling banyak melakukan dribel sukses (3 kali) dengan mengungguli Kylian Mbappe (2 kali).

Pogba juga berkontribusi besar dalam gol tunggal Prancis yang dicetak melalui bunuh diri Mats Hummels. Ia mengirim umpan panjang nan akurat kepada Lucas Hernandez yang menembus benteng pertahanan Jerman.

Namun kontribusi Pogba juga sangat terlihat saat bertahan. Pemain berusia 28 tahun itu menjadi pemain Prancis yang paling banyak melakukan intersep (3 kali) serta memenangi duel udara (4 kali).

"Kinerja tim adalah hal yang paling penting. Tanpa mereka, saya tidak akan bermain dengan baik. Kami semua berusaha keras," kata Pogba usai pertandingan.

“Kami fokus pada pekerjaan kami di lapangan. Kami tahu kami harus tampil sesuai status kami sebagai juara dunia dan keluar ke lapangan dengan kerendahan hati. Ketika kami perlu menderita, kami melakukannya bersama dan ketika kami menyerang, kita melakukannya bersama-sama."

Hal ini membuktikan Pogba memiliki paket lengkap sebagai seorang gelandang box to box. Kehadiran Kante di sisinya juga kian mengeluarkan potensi mantan pemain Juventus tersebut.

Prancis tentu berharap Pogba mampu tampil konsisten hingga akhir turnamen. Andai hal itu terjadi, bukan tidak mungkin mereka benar-benar sukses mengawinkan gelar Piala Dunia dan Piala Eropa.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini