BolaSkor.com - Tim nasional Inggris lolos sebagai juara Grup D usai menumbangkan Republik Ceko, di Wembley Stadium, Rabu (23/6) dini hari WIB. Gelandang Arsenal, Bukayo Saka, layak dinobatkan sebagai pemain terbaik pada duel tersebut.

Bukayo Saka memang bukanlah pencetak gol semata wayang Inggris dalam pertandingan tersebut. Pemain yang mencatatkan namanya di papan skor adalah Raheem Sterling.

Namun, keberadaan Bukayo Saka membuat serangan Inggris yang pada dua laga sebelumnya padam menjadi lebih hidup. Bukayo Saka banyak melakukan tusukan dari sisi sayap. Ia juga berperan besar pada gol Inggris dengan melakukan serangan cepat hampir dari setengah lapangan.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Mentalitas Southgate Dipertanyakan setelah Cadangkan Sancho

Daftar Klub yang Lolos 16 Besar Piala Eropa Sejauh Ini: Inggris dan Prancis Masuk

Ketika Statistik 16 Gol Plus 20 Asisst Sancho Tak Berarti di Mata Southgate

Bukayo Saka

Opta Joe mencatat, Bukayo Saka adalah pemain termuda Inggris yang paling banyak melakukan dribel sukses dalam sebuah laga turnamen besar bersama Raheem Sterling (kontra Uruguay, 2014) dan Michael Owen (kontra Argentina, 1998). Ketiga pemain itu mencatatkan lima dribel sukses.

Tak heran, mantan pemain Arsenal dan timnas Inggris, Ian Wright memberikan sanjungan. Menurutnya, Saka akan membuat gelandang Inggris lainnya, Phil Foden, menjadi terlecut memberikan penampilan terbaik.

"Apa yang kami lihat malam ini adalah Saka memberikan dorongan kepada Inggris. Dia maju dan menikmati permainan. Dia sangat brilian," kata Wright kepada ITV Sport.

"Phil Foden akan melihat itu dan tahu jika sekarang ada yang bisa menyainginya. Saka telah melakukan pekerjaan hebat hari ini."

Respons Bukayo Saka

Bukayo Saka semringah mendapatkan kesempatan dari Gareth Southgate. Apalagi, ia memberikan dampak instan untuk timnas Inggris.

"Ini pengalaman luar biasa. Ini pertama kalinya saya berada di Wembley yang letaknya tidak jauh dari rumah saya," terang Saka.

"Mendengar suporter meneriakkan nama saya adalah pengalaman luar biasa. Sangat penting untuk melaju ke babak berikutnya."

"Kami telah memenangi banyak pertandingan di sini. Siapa pun yang kami hadapi selanjutnya, kami yakin bisa menang dan mengalahkan mereka," tegas pemain 19 tahun itu.

Simak Rangkuman Keseruan Piala Eropa 2020 di sini