Bisnis dan Nilai Kekayaan Sir Jim Ratcliffe, Calon Pemilik Baru Manchester United

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 Agustus 2022
Bisnis dan Nilai Kekayaan Sir Jim Ratcliffe, Calon Pemilik Baru Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (Twitter)

BolaSkor.com - Dua kekalahan beruntun dialami Manchester United pada awal musim Premier League 2022-2023 melawan Brighton & Hove Albion dan Brentford. Itu seolah menjadi akhir bagi kepemimpinan Keluarga Glazer.

Glazer telah menjadi pemilik Man United sejak akhir 2003 dan setelah Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013, klub mengalami dekadensi besar hingga tak lagi disegani di Inggris dan juga Eropa - bahkan terakhir memenangi titel liga pada 2013.

Dua kekalahan tersebut semakin meyakinkan fans untuk melakukan demonstrasi besar. Hasilnya, beberapa calon pembeli datang dan salah satunya adalah pengusaha kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

Baca Juga:

Mengapa Harus Menanti untuk Menentukan Nasib Cristiano Ronaldo?

Peluang Manchester United Bajak Casemiro Masih Terbuka

Panik, Manchester United Ingin Datangkan Lima Pemain Sekaligus

"Jika klub itu dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial," kata juru bicara Ratcliffe kepada Times. "Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik untuk berbicara dengan pandangan tentang kepemilikan jangka panjang."

“Ini bukan tentang uang yang telah dibelanjakan atau tidak dibelanjakan. Jim sedang melihat apa yang bisa dilakukan sekarang dan, mengetahui betapa pentingnya klub bagi kota, rasanya waktu yang tepat untuk mengatur ulang."

Bersama dengan konsorsium yang akan dibawa eks Direktur Man United, Michael Knighton, Ratcliffe merupakan calon pemilik baru klub. Mari sama-sama melihat kekayaan dari Ratcliffe.

Kekayaan

Menilik informasi dari The Sunday Times Rich pada 2021, kekayaan Ratcliffe diperkirakan mencapai 6,33 miliar poundsterling. Seiring ketertarikan itu kekayaan Ratcliffe diyakini mencapai 13 miliar poundsterling - menjadikannya pria terkaya di Inggris.

Bisnis

Pria berusia 69 tahun yang saat ini bermarkas di Monaco, mendapatkan kekayaannya tersebut karena memiliki perusahaan multinasional Ineos. Ratcliffe pendiri Inspec, yang menghasilkan uang dari penjualan gas, dan kemudian membangun Ineos pada 1998.

Ineos dijadikannya perusahaan bahan kimia terbesar keempat dunia, dengan beragam produk termasuk minyak sintetis dan plastik serta pelarut yang digunakan untuk membuat insulin dan antibiotik.

Kekayaannya yang besar memungkinkannya untuk mengambil sejumlah usaha olahraga, dengan mengakuisisi tim balap Team Sky sebelum mengganti namanya menjadi Ineos pada 2019 – dengan gelar Tour de France dan Giro d'Italia diamankan di bawah kepemilikannya.

Ratcliffe juga mengakuisisi tim layar Sir Ben Ainslie, Ineos Team UK, adalah salah satu sponsor tim Formula Satu Mercedes yang notabene juara dunia dan merupakan pemilik tim sepak bola Swiss FC Lausanne – yang ia beli pada 2017 – dan tim Ligue 1 Nice.

Manchester United Sir Jim Ratcliffe
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.133

Bagikan