BolaSkor.com - Tak hanya sekadar No Woman No Cry, ada banyak bagian kehidupan Bob Marley yang belum jelas terurai. Ia memiliki perjalan hidup yang berliku, namun jauh dari kata wagu.

Menariknya, sisi kehidupan pria bernama asli Robert Nesta Marley tersebut tidak hanya berkutat pada dunia musik. Bila digali lebih dalam lagi, Bob Marley adalah penggila sepak bola.

Pada acara pemakamannya, Bob Marley dikuburkan bersama Alkitab, cincin, gitar Gibson Les Paul, tunas ganja dan bola sepak. Semua barang tersebut merupakan wikalat dari hari-hari Marley selama masih hidup.

Cinta pertama Bob Marley tentu saja adalah musik. Namun, pada bagian dalam hati lainnya, sepak bola berbisik. Ketika sedang bermain bola, Marley bak merangkai nada-nada menjadi pergerakan indah di dalam lapangan. Marley terus menikmati sepak bola hingga tak pernah terucap kata bosan.

Dari setiap foto yang beredar ketika Bob Marley sedang mengelola si kulit bundar, ia terlihat dengan wajah berbinar. Dengan memakai sepatu Adidas Copa Mundial plus padu padan topi khas musisi reggae, Marley terlihat modis saat bermain sepak bola.

Baca juga: 5 Pemain yang Gagal Digaet Arsenal dan Para Penggantinya

Bob Marley

Kemampuan Bob Marley ketika bermain pun tidaklah buruk. Ia punya kaki yang kuat sehingga bisa luwes ketika sedang menguasai bola. Marley terlihat sekilas seperti pesepak bola profesional, bukan penyanyi. Gerakan Marley yang transenden memungkinkannya untuk melewati hadangan para bek lawan.

Distributor Island Records UK, Trevor Wyatt, mencoba mengingat aksi Marley saat bermain sepak bola. "Mencoba melepaskan bola darinya? Tidak ada harapan. Sebab, Marley adalah orang yang membuat bola selalu datang kepadanya," ujar Trevor Wyatt.

Ketika sedang melakoni tur musik, Marley tidak kehabisan akal untuk tetap bisa bermain sepak bola. Ia memanfaatkan tempat parkir, pom bensin hingga bukit untuk memainkan bola hitam putih kesayangannya.

"Dia adalah jenderal di lini tengah, Anda akan suka dan mereka memanggilnya nakhoda. Ia sangat hebat seperti pemain Brasil," tutur Trevor Wyatt mengenang Bob. Marley.