BolaSkor.com - Timnas Uruguay gagal meraih kemenangan saat bermain melawan Jepang di laga kedua grup C Copa America 2019 di Arena do Gremio, Jumat (21/6) pagi WIB. Striker Uruguay, mencetak gol dan menorehkan rekor.

Uruguay bermain imbang 2-2 setelah sebelumnya menang telak 4-0 atas Ekuador. Dua gol Uruguay asuhan Oscar Tabarez dicetak oleh Luis Suarez (penalti menit 32') dan Jose Maria Gimenez (66'), sementara dua gol Jepang dicetak pemain berusia 22 tahun, Koji Miyoshi.

Terlepas dari kontroversi penggunaan VAR (Video Asisten Wasit) yang relatif cenderung berpihak ke Uruguay, gol Suarez itu mencatatkan rekor pribadi.

Pemain berusia 32 tahun jadi pemain ketiga dalam sejarah sepanjang masa Uruguay yang mencetak gol di empat Copa America beruntun. Suarez ada di bawah Pedro Petrone dan Severino Varela.

Baca Juga:

Copa America 2019: Drama Empat Gol, Jepang Tahan Imbang Uruguay

Copa America 2019: Qatar Raih Satu Poin, Uruguay Lumat Ekuador

Luis Suarez Siap Sambut Neymar dengan Tangan Terbuka

Luis Suarez

"Luis Suarez jadi pemain ketiga Uruguay dalam sejarah yang mencetak gol di empat laga Copa America beruntun (dua gol pada 2011 dan dua gol pada 2019) setelah Pedro Petrone (lima gol antara 1923 dan 1924), serta Severino Varela (empat gol antara 1937 dan 1939)," kicau @OptaJavier.

Gol penalti yang dicetak El Pistolero juga menambah jumlah golnya di Uruguay menjadi 58 gol dari total 109 caps. Ketajamannya masih tetap terjaga di usia kepala tiga lebih.

"Luis Suarez telah mencetak empat gol penalti Uruguay; termasuk penyama kedudukan melawan Jepang, dia sekarang telah mencetak 58 gol untuk timnas (sembilan via penalti) dalam 109 caps. Lapar," lanjut @OptaJavier.

Tidak hanya Suarez, tandemnya di lini depan, Edinson Cavani, juga mencatatkan pencapaian spesial di caps ke-112 untuk timnas Uruguay. Penyerang PSG (Paris Saint-Germain) menyamai jumlah penampilan legenda Uruguay, Diego Forlan.

"Edinson Cavani menyamai Diego Forlan sebagai pemain ketiga dengan jumlah laga terbanyak dalam sejarah Uruguay (112 caps). Matador," tutur @OptaJavier.

Uruguay saat ini masih ada di puncak klasemen dengan raihan empat poin dari dua laga yang sudah berlangsung, diikuti Chili (tiga poin dari satu laga), Jepang (satu poin), dan Ekuador. Laga Ekuador melawan Chili baru akan berlangsung Sabtu (22/6) pagi WIB.