BolaSkor.com - Polemik yang menyelimuti laga leg kedua final Copa Libertadores belum selesai. Boca Juniors dan River Plate sama-sama melancarkan protes rencana menggelar pertandingan di Santiago Bernabeu.

Seperti diketahui, final Copa Libertadores 2018 akan berlangsung di Stadion El Monumental, markas River Plate. Namun, insiden terjadi sebelum pertandingan.

Saat itu, para pendukung River Plate menyerang bus yang ditumpangi penggawa Boca Juniors. Berbagai barang dilempar, mulai dari batu, botol, hingga bom asap.

Kondisi tersebut membuat pertandingan ditunda. Pasalnya, sejumlah pemain Boca Juniors menderita cedera akibat insiden tersebut dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Setelah beberapa lama, CONMEBOL pun memutuskan laga final akan digelar di luar Argentina. Kemudian Stadion Santiago Bernabeu ditunjuk menjadi tempat berlangsungnya laga tersebut.

Rupanya, Boca Juniors dan River Plate tidak setuju dengan keputusan tersebut. Keduanya menilai CONMEBOL mengambil keputusan tanpa meminta persetujuan mereka.

Boca Juniors merasa berhak memenangi Copa Libertadores setelah River Plate gagal menggelar pertandingan pada hari yang ditentukan. Mereka mengajukan pun banding.

"Boca Juniors merasa tidak setuju dengan keputusan Komisi Disiplin CONMEBOL. Kami akan mengajukan banding, kalau perlu hingga pengadilan arbitrase olahraga," tulis pernyataan resmi Boca Juniors.

"Kami bersikeras, setelah melihat penyerangan terhadap bus yang ditumpangi tim Boca Juniors, tidak ada sanksi yang lebih masuk akal dari yang kami minta," lanjut pernyataan tersebut.

Sementara itu, River Plate juga merasa keberatan pertandingan berlangsung di Spanyol. Mereka telah melakukan banding kepada CONMEBOL.

"River Plate menginformasikan, akan mengambil langkah untuk banding terhadap keputusan CONMEBOL. Kami merasa keberatan dengan perubahan tempat bertanding Copa Libertadores 2018," tulis River Plate.

Pertandingan leg pertama berlangsung di markas Boca Juniors. Saat itu, River Plate berhasil menahan tim tuan rumah dengan skor 2-2, dan berpeluang lebih besar menjadi juara.