BolaSkor.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts akhirnya bisa bernafas dengan lega. Pasalnya, lima pemainnya yang terpanggil Timnas Indonesia masih bisa dilibatkan di Liga 1 2021/2022.

Sesuai dengan kabar yang didapatkan, Persib masih bisa menunda melepas kelima pemainnya untuk menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Jakarta pada 19 hingga 30 September. Sebab tim berjuluk Maung Bandung itu akan menjalani laga di Liga 1 2021/2022 melawan Borneo FC pada Kamis (23/9).

"Ya, Teddy (Direktur PT Persib Bandung Bermartabat) sudah berkomunikasi dengan tim nasional, dan PSSI dengan jelas menyatakan bahwa tim yang lebih dari empat pemainnya terpilih oleh tim nasional tidak perlu melepas pemain tersebut tiga hari sebelum pertandingan. Jadi itu artinya pemain tetap tinggal bersama kami dan melakukan persiapan," ujar Robert Rene Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (20/9).

Menurutnya, pemanggilan kelima pemainnya itu memiliki dampak yang besar untuk Persib. Sebab kelima pemain yang terpanggil seperti Muchamad Aqil Savik, Victor Igbonefo, Bayu Mohamad Fiqri, Febri Hariyadi, dan Ezra Walian merupakan pemain penting di skuat Pangeran Biru.

"Jadi itu keputusan yang bagus," tegasnya.

Baca Juga:

Dikritik Pelatih PSM, Shin Tae-yong Beri Jawaban Elegan

Milomir Seslija Heran Shin Tae-yong Tak Panggil Pemain PSM

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Meski demikian, pelatih asal Belanda ini hanya akan mempertahankan empat dari lima pemain yang terpanggil Timnas Indonesia. Satu pemain yang dilepas untuk memperkuat Merah Putih, yakni Aqil Savik.

"Jika kamu melihat empat outfield players kami, semuanya dibutuhkan. Namun untuk Aqil tentunya berbeda karena kami memiliki kiper bagus lainnya di departemen penjaga gawang. Jadi kami berniat melepas Aqil ke tim nasional sesuai dengan keinginannya, karena kami punya kedalaman yang bagus di posisi penjaga gawang," jelasnya.

Pelatih berusia 65 tahun ini berencana akan melepas empat pemain lainnya ke Timnas Indonesia usai melakoni laga melawan Borneo FC pada Kamis (23/9). Namun, dua hari setelahnya, keempatnya harus kembali ke Persib lantaran akan kembali melakoni laga lanjutan Liga 1 2021/2022 melawan TIRA-Persikabo pada Senin (27/9).

"Kami sudah menjalin kesepakatan dengan tim nasional bahwa setelah pertandingan tanggal 23, keesokan harinya yaitu tanggal 24 mereka bisa pergi selama satu hari ke tim nasional. Setelah itu mereka harus kembali karena akan melakukan persiapan di pertandingan tanggal 27," tandasnya.

Timnas Indonesia
Agenda TC Timnas Indonesia. (Istimewa)

Bukan Hanya Persib

Hal ini tidak berlaku hanya untuk Persib saja, dalam menunda pemain ke Timnas Indonesia. Jika berlaku lima pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia, ada Persebaya Surabaya. Lima pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Arif Satria, Rachmat Irianto, Rizky Ridho Ramadhani, dan Ricky Kambuaya.

Sedangkan bagi klub-klub Liga 1 lainnya yang pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia juga mendapat perlakuan serupa, dalam hilir mudik. Artinya, klub Liga 1 masih bisa menggunakan pemainnya yang ikut TC Timnas Indonesia, dengan penyesuain jadwal. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)