BolaSkor.com - Kontrak yang saat ini mengikat pemain dan pelatih harus diperpanjang hingga musim domestik yang tertunda berakhir. Demikian menurut dokumen internal FIFA yang dipresentasikan kepada Gugus Tugas Virus Corona.

Dokumen rahasia, yang berhasil dilihat oleh Reuters, juga merekomendasikan untuk memungkinkan jendela transfer diubah sesuai dengan tanggal musim baru dan mendesak klub serta pemain untuk bekerja sama untuk menemukan solusi pembayaran gaji selama penghentian.

Baca Juga:

Pandemi Virus Corona, Piala Eropa Ditunda hingga 2021

Piala Eropa 2020 Ditunda, UEFA Minta Dana Kompensasi Rp5 Triliun

Dampak Penundaan karena Virus Corona, Sepak Bola Bisa Jalan Nonstop hingga Piala Dunia 2022

Dokumen tersebut akan dibahas oleh anggota Gugus Tugas FIFA. Hingga saat ini belum ada keputusan yang diambil oleh FIFA.

FIFA membentuk kelompok kerja pada 18 Maret. Sebelumnya FIFA mengatakan akan menilai kebutuhan untuk amandemen atau dispensasi sementara terhadap Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain.

Sebagian besar kompetisi sepak bola domestik dan internasional di seluruh dunia telah ditangguhkan karena pandemi virus corona. Begitupun dengan turnamen antarnegara seperti Piala Eropa 2020 dan Copa America.

Sementara liga-liga domestik berharap bisa melanjutkan kompetisi saat ancaman dari virus telah surut. Hal ini meninggalkan masalah pada kontrak pemain yang kedaluwarsa.

Penyesuaian Kedaluarsa dan Pengurangan Gaji

Masukan dari dokumen yang dilihat oleh Reuters, berakhirnya perjanjian akan harus disesuaikan dengan tanggal akhir musim yang sudah alami penundaan.

Pendekatan yang sama akan berlaku untuk kesepakatan untuk musim depan, dengan tanggal mulai mereka ditunda sesuai perubahan kalender kompetisi.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa klub, pemain, dan pelatih harus didorong untuk bekerja bersama untuk menyepakati pengurangan gaji dan penundaan.

Juga disarankan agar FIFA menggunakan 'Dana untuk Pemain Profesional' yang akan dibentuk untuk membantu meringankan kesulitan yang dihadapi klub.