Bonek Gelar Gerakan Satu Juta Masker

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 20 Juli 2020
Bonek Gelar Gerakan Satu Juta Masker
Pembagian masker kepada masyarakat di kawasan pasar pagi Tugu Pahlawan, Minggu (19/7). (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Gerakan sejuta masker yang digagas Bonek, pendukung setia Persebaya Surabaya, serentak dilaksanakan Minggu (19/7). Tidak hanya di Surabaya Raya. Namun beberapa kota lain di Indonesia. Bonek dan Persebaya berperan aktif dalam penanganan COVID-19 di awal pandemi akhir Maret lalu.

Empat elemen tribun seperti Tribun Kidul, Green Nord, Tribun Timur dan Gate Jhoner 21 serentak menggelar Gerakan Sejuta Masker dengan tagar #wanimaskeran. Aksi ini bentuk kepedulian Bonek akan bahayanya COVID-19. Apalagi di Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo) yang angka kasus positif virus corona cukup tinggi.

Mereka menyasar lokasi-lokasi yang padat aktivitas masyarakat. Seperti di kawasan pasar pagi Tugu Pahlawan, Masjid Agung Surabaya, Darmo Trade Center Wonokromo, Jembatan Suramadu, Gresik hingga Krian, Sidoarjo. Sementara dari luar Surabaya Raya aksi ini melibatkan Bonek di Kediri, Mojokerto, Mojosari, Tarik, Nganjuk, Berau, Ambon, hingga Balikpapan.

Baca Juga:

Rapid Test Arema FC Dipastikan Lebih Akurat dengan Metode Khusus

Persib Salurkan APD dan Masker ke Kodam III/Siliwangi

Mereka membagikan masker dan kampanye Tri Wani. Wani pakai masker, wani cuci tangan, dan wani jaga jarak. Selama dua minggu terakhir, Persebaya dan Bonek memang terus berkampanye Tri Wani. “Kami semua sangat ingin Surabaya dan kota-kota lain bisa kembali zona hijau lagi, dan (penyebaran) Covid-19 bisa ditekan,” ujar Devara Noumanto, koordinator Tribun Kidul.

Meski aksi mereka kurang mendapatkan dukungan dari Pemkot Surabaya. Namun kegiatan yang telah berlangsung dua pekan itu mendapat perhatian dari Letjen Doni Monardo, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kodam/V Brawijaya, Polda Jatim, dan Polrestabes Surabaya. Mereka memberikan semangat dan dukungan.

Tingkat kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan berbanding lurus dengan info dan pengetahuan yang diterima perihal pandemi ini. Karena itu, Bonek akan tetap mengedukasi langsung masyarakat untuk turut aktif mencegah penyebaran Covid-19. Pasalnya, Bonek dapat menyentuh hingga ke akar rumput lapisan masyarakat.

“Kegiatan ini akan dilakukan secara berkala dengan lokasi yang berbeda-beda. Sehingga semua masyarakat Surabaya teredukasi. Harapannya angka penyebaran di Surabaya dan Indonesia bisa ditekan,” tandas Sinyo, sapaan akrab Devara Noumanto. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Bonek Persebaya surabaya Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan