Borok di Tengah Kisah Manis Chelsea Belanja Pemain Mahal

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 28 Maret 2023
Borok di Tengah Kisah Manis Chelsea Belanja Pemain Mahal
Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Keuangan Chelsea tidak sepenuhnya surplus. Sebab, kendati belanja banyak pemain dengan harga selangit, The Blues juga mengalami kerugian.

Chelsea bergerak masif pada dua jendela transfer musim ini. Transfermarkt mencatat, The Blues menghabiskan dana hingga 611,49 juta euro hanya untuk membeli pemain anyar. Enzo Fernandez menjadi yang tertinggi setelah membuat Chelsea menggelontorkan 121 juta euro.

Namun, di tengah borosnya Chelsea di bursa transfer, terselip satu masalah keuangan. Latarnya adalah hukuman yang dijatuhkan Premier League pada masa kepemimpinan Roman Abramovich.

Pada saat itu, pergerakan Chelsea dibatasi karena Roman Abramovich dituding punya kedekatan dengan presiden Rusia, Vladimir Putin, yang memerintahkan serangan militer ke Ukraina.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Man City Pesta Gol, Chelsea Imbang, Milan Dipermalukan Udinese

Chelsea 2-2 Everton: The Blues Hobi Sedekah Poin di Stamford Bridge

Chelsea Jumpa Madrid di Perempat Final, Graham Potter Tegaskan Tekad Juara

Akibatnya, Chelsea dilarang melakukan berbagai hal, seperti menjual tiket pertandingan, aksesoris, dan memperbarui kontrak sponsor plus pemain. Setelah beberapa bulan menjalani hukuman itu, Chelsea mengalami kerugian hingga 121 juta pounds.

"Hasil tahun ini dipengaruhi sanksi yang didapatkan pemilik klub sebelumnya pada Maret 2022. Akibat sanksi itu, klub harus beroperasi dalam batasan lisensi khusus yang dikeluarkan pemerintah Inggris. Pembatasan itu berlaku hingga penjualan klub finis pada 30 Mei 2022," ungkap Chelsea.

"Selama periode tersebut, klub dibatasi pada sejumlah area termasuk penjualan tiket laga dan musiman, penjualan merchandise, pemesanan acara, dan kontrak pemain plus sponsor komersial. Hal itu mengakibatkan pengeluaran luar biasa dan hilangnya pendapatan."

Masalah kian pelik karena dampaknya berlangsung hingga musim berikutnya. Sebab, Chelsea harus mengatur ulang perjanjian dengan sponsor.

"Menjelang akhir periode sanksi, klub dibolehkan menjual tiket pertandingan dengan Premier League berkomitmen menyumbangkan hasilnya untuk amal. Pembatasan dicabut setelah perubahan kepemilikan dan semua operasi telah dilanjutkan."

Untungnya, masalah Abramovich tidak berlarut-larut. Pengusaha asal Rusia itu dengan berbesar hati melego Chelsea dan merelakan sejumlah uangnya. Kini, Todd Boehly yang ada di baling kursi kemudi The Blues.

Namun, tantangan untuk Boehly juga berat. Dengan pengeluaran yang sudah dikucurkan untuk membeli pemain baru, ia perlu menyeimbangkan neraca keuangan. Jika tidak, Chelsea terancam hukuman Financial Fair Play.

Chelsea Breaking News Premier League
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan