BolaSkor.com - Penyerang sayap Borussia Dortmund, Jadon Sancho kembali memperlihatkan kualitas bermainnya di Bundesliga kala menjadi bintang laga kontra Paderborn. Tidak tanggung-tanggung pemuda berusia 20 tahun itu memecahkan rekor baru.

Menyambangi Benteler-Arena, markas Paderborn pada pekan 29 Bundesliga, Minggu (31/05) malam WIB, Dortmund menang telak setengah lusin gol yang dibalas satu gol (6-1).

Gol-gol Dortmund besutan Lucien Favre dicetak Thorgan Hazard (54'), hat-trick Jadon Sancho (57', 74', 90+2'), Achraf Hakimi (85'), dan Marcel Schmelzer (89') yang diperkecil gol penalti Uwe Hunemeier di menit 72.

Dortmund unggul dari jumlah percobaan tendangan 16 kali dan 10 di antaranya tepat sasaran, sedangkan tuan rumah enam tendangan dan satu tepat sasaran. Dari segi penguasaan bola Dortmund unggul tipis 59 persen berbanding 41 persen Paderborn.

Baca Juga:

Menyukai Unggahan soal Jadon Sancho, Bruno Fernandes Disebut Rayu Gabung Manchester United

Dibidik Manchester United, Jadon Sancho Mulai Tertekan

Thomas Muller dan Jadon Sancho Berburu Predikat Raja Assist Bundesliga

Jadon Sancho

Sorotan laga tetap kepada Sancho. Menurut catatan Opta dan Squawka pemain timnas Inggris itu mencatatkan trigol atau hat-trick untuk kali pertama dalam karier profesionalnya. Sancho juga telah mencetak 17 gol dan memberikan 16 assists dari total 27 laga Bundesliga.

Sejak musim 2006-07 hanya ada empat pemain yang mencetak 15 gol lebih dan memberikan 15 assists lebih dalam satu musim di lima liga top Eropa. Selain Sancho nama lainnya adalah Lionel Messi (empat kali), Eden Hazard (dua kali), Cristiano Ronaldo, dan Luis Suarez.

Di Jerman sendiri tidak ada catatan impresif seperti yang ditorehkan Sancho sejak Opta mengumpulkan data pada 2004, catatan 15 gol dan assists lebih di satu musim.

Produk akademi Manchester City itu juga menjadi sosok pemain Inggris pertama setelah legenda Southampton, Matt Le Tissier menorehkan 15 gol dan assists dalam satu musim di antara lima liga top Eropa. Le Tissier melakukannya pada musim 1994-95.

Menilik penampilan hebat Sancho dan usianya yang masih muda wajar banyak klub Eropa tertarik kepadanya, termasuk rival Man City, Manchester United yang kabarnya serius menginginkan Jadon Sancho.

Saat ini Dortmund ada di urutan dua dengan raihan 60 poin dari 29 laga, terpaut tujuh poin (67 poin) dari Bayern Munchen di puncak klasemen. Pada laga berikutnya Dortmund akan menjamu Hertha Berlin di Signal Iduna Park, Sabtu (06/06) pukul 23.30 WIB.