Borussia Monchengladbach, Lawan Real Madrid dengan Penguasaan Bola Bagus tetapi Tidak Efisien Cetak Gol

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Oktober 2020
Borussia Monchengladbach, Lawan Real Madrid dengan Penguasaan Bola Bagus tetapi Tidak Efisien Cetak Gol
Borussia Monchengladbach (@borussia_en)

BolaSkor.com - Real Madrid akan memainkan laga tandang di pertandingan kedua grup B Liga Champions di Borussia-Park, markas Borussia Monchengladbach, Rabu (28/10) pukul 03.00 dini hari WIB. El Real seyogyanya tak menemui kesulitan melawan Gladbach.

Bukan karena Gladbach 'tim lemah' namun ada catatan statistik yang dapat dimanfaatkan Madrid arahan Zinedine Zidane. Madrid dalam momentum bagus usai menang 3-1 di El Clasico melawan Barcelona setelah kalah dua kali beruntun dari Cadiz (0-1) dan Shaktar Donetsk (2-3).

Selain itu Madrid tak terkalahkan di sembilan laga terakhir melawan tim-tim Jerman di Eropa (enam kemenangan dan tiga hasil imbang), sementara Gladbach hanya sekali menang dari 11 laga terakhir di seluruh kompetisi melawan tim-tim Spanyol (dua kali imbang dan delapan kali kalah).

Baca Juga:

Prediksi Borussia Monchengladbach Vs Real Madrid: Lanjutkan Momentum Kemenangan El Clasico

Zinedine Zidane Kirim Kode Eden Hazard Tampil Kontra Borussia Monchengladbach

Diminati Banyak Klub, Toni Kroos Ingin Pensiun di Real Madrid

Borussia Monchengladbach

Menurut catatan dari Marca Gladbach besutan Marco Rose adalah tim yang mengandalkan penguasaan bola, pressing (tekanan kepada lawan) yang baru berjalan di garis tengah dan pertahanan, namun tidak efisien di depan gawang lawan.

Gladbach salah satu tim dengan penguasaan bola tinggi di Eropa dan hanya 12 tim yang punya penguasaan lebih besar dari mereka secara rata-rata pertandingan. Penguasaan mereka lebih ofensif di area serang kala memasuki sepertiga akhir pertahanan lawan.

Dalam posisi itu Gladbach menggunakan pendekatan yang lebih direct (bola langsung) entah itu dari bola lambung atau bola pendek. Kala menguasai penguasaan bola 70 persen operan bola Gladbach ada pada jarak menengah, 25 persen dari jarak jauh, dan lima persen jarak pendek.

Cara bertahan Gladbach juga bukan berdasarkan pressing tinggi. Mereka lebih suka menekan mulai dari tengah hingga sepertiga akhir pertahanan lawan, coba mencuri bola dan melancarkan serangan balik cepat.

Akan tapi permainan mereka itu tidak diimbangi efisien mencetak gol. Gol yang diharapkan dari mereka ada pada angka 8,6, namun dari lima laga Bundesliga Gladbach baru mencetak delapan gol. Per 90 menit Gladbach melakukan percobaan tendangan 13,6, 5,2 tepat sasaran, dan persentase sukses 38,2 persen.

Peluang-peluang mereka tidak berbuah gol hingga di liga-liga top Eropa ada di urutan bawah dengan rasio 0,19 gol per tendangan tepat sasaran. Alhasil pertahanan Madrid yang kembali diperkuat Sergio Ramos seyogyanya tak menemui kesulitan menghentikan lini depan Gladbach.

Gladbach memiliki dua penyerang dengan karakter berbeda. Alassane Plea target man yang dapat mencetak gol dan memberikan assist, sementara satunya lagi adalah pendribel bola, yakni Marcus Thuram yang notabene putra dari Lilian Thuram.

Breaking News Liga Champions Borussia monchengladbach Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan