Bos Suzuki Ceritakan Alasan Komponen di Swingarm Belakang Milik Ducati Menyalahi Regulasi

Hendry WibowoHendry Wibowo - Rabu, 13 Maret 2019
Bos Suzuki Ceritakan Alasan Komponen di Swingarm Belakang Milik Ducati Menyalahi Regulasi
Lihat Komponen Persis di Depan Ban Belakang, Itu yang Dipermasalahkan Rival Ducati (Crash.net)

BolaSkor.com - Ada satu topik menarik usai secara dramatis Andre Dovizioso mengalahkan Marc Marquez pada lomba putaran perdana MotoGP 2019 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (11/03) dini hari WIB.

Adalah fakta empat tim pabrikan: Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia memprotes komponen baru yang terletak di swingarm (lengan ayun) belakang pada motor Ducati.

Baca Juga:

Retak Tulang Rusuk, Jorge Lorenzo Cedera Lagi

Protes Ditolak, Kemenangan di MotoGP Qatar Tetap Milik Andrea Dovizioso, Lawan Minta Banding

Protes tersebut telah ditolak oleh Petugas Lomba FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional). Namun empat pabrikan di atas membawa masalah ini ke Pengadilan Banding MotoGP.

Bos Suzuki, Davide Brivio pun membeberkan alasan mereka bersikukuh bahwa komponen di swingarm belakang motor Ducati telah menyalahi aturan.

Menurutnya komponen tersebut memilik efek aerodinamika, bukan sekadar untuk mendinginkan ban belakang seperti yang dikatakan Direktur Olahraga Paolo Ciabatti.

Padahal lanjut Brivio lagi, pada tanggal 2 Maret, FIM telah merilis pengumuman dibolehkan sebuah komponen terletak di main body motor asalkan tidak memiliki efek aerodimanika.

"Teknisi yang bekerja untuk empat pabrikan (Suzuki, Aprilia, Honda, dan KTM) di mana sebagai pihak yang memprotes meyakini komponen milik Ducati memiliki efek aerodinamika, menambah gaya tekan, dan tentunya menyalahi regulasi," kata Brivio.

Sampai berita ini diturunkan, belum jelas kapan banding yang diajukan Suzuki, Honda, Aprilia, dan KTM bakal diproses oleh Pengadilan Banding MotoGP.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com

Andrea dovizioso Ducati Ducati Desmosedici MotoGP 2019 MotoGP Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan