BolaSkor.com - Liverpool membawa pulang tiga poin setelah melibas Bournemouth di laga pekan ke-16 Premier League di Stadion Vitality, Minggu (8/12). Liverpool berpesta empat gol tanpa balas berkat hat-trick Mohamed Salah (25, 48, 77) dan satu gol bunuh diri Steve Cook (68).

Dalam laga ini, pelatih Bournemouth, Eddie Howe, menurunkan pola 4-4-1-1 dengan Joshua King sebagai penyerang tunggal. Sedangkan Liverpool tampil dengan sedikit perubahan, khususnya di lini pertahanan. Manajer Jurgen Klopp Joel Matip yang menggantikan Joe Gomez yang cedera.

Di awal babak pertama, The Reds langsung mengambil kendali permainan. Pada menit ke-14, kombinasi Xherdan Shaqiri dan Mohamed Salah sudah mengancam tuan rumah. Sayang bola sepakan Salah masih melenceng tipis dari sasaran.

Baca Juga:

Tidak Hanya Terjadi di Indonesia, Berikut 5 Kasus Pengaturan Skor Paling Terkenal

Ramalan Jurgen Klopp untuk Virgil Van Dijk Terbukti Tepat

Mohamed Salah

Tuan rumah tidak mau hanya terus ditekan. Pada menit ke-23, giliran The Cherries yang mengancam pertahanan Liverpool. Tapi usaha David Brooks dengan tembakan ke sudut gawang masih bisa dihalau Alisson.

Liverpool akhirnya memecah kebuntuan pada menit 25. Gol lahir berawal dari sepakan voli Roberto Firmino yang mentah dari kiper tuen tumah Asmir Begovic. Bola muntah disambar Mohamed Salah. Skor 0-1.

Skor 0-1 bertahan hingga turun minum. Sepanjang babak pertama Liverpool mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai 67 persen dan melepaskan enam tembakan.

Saat babak kedua baru berjalan tiga menit, Liverpool menambah keunggulan mereka. Salah kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan Roberto Firmino.

Pada menit ke-53, tuan rumah mencoba menipiskan selisih. Namun peluang yang didapat Josh King belum begitu merepotkan Alisson yang mengawal gawang The Reds. Pada laga ke-500 James Milner di Premier League, Liverpool benar-benar mendominasi permainan.

Penderitaan Bournemouth semakin dalam ketika menit ke-68 Steve Cook menjebol gawang timnya sendiri. Usaha Cook mengadang umpan dari Andrew Robertson justru membuat Asmir Begovic harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Liverpool unggul 3-0.

Kurang dari sepuluh menit kemudian, Liverpool lagi-lagi membobol gawang tuan rumah. Setelah memenangi adu lari melawan Cook, Salah dengan cerdik melewati Begovic sebelum mengirimkan bola ke gawang Bournemouth. Ini merupakan hat-trick pertama Salah sejak dia membuat empat gol ke gawang Watford, Maret silam.

Tak hanya itu, Salah juga menjadi pemain Liverpool pertama yang membuat hat-trick pada laga tandang di Premier League, sejak Luis Suarez melawan Cardiff pada Maret 2014.

Hingga laga usai, skor 4-0 untuk Liverpool bertahan. Berkat tambahan tiga angka, Liverpool kini mengumpulkan 42 poin dari 16 laga.

Susunan Pemain

Bournemouth (4-4-1-1): Asmir Begovic; Simon Francis, Steve Cook, Nathan Ake, Charlie Daniels; David Brooks, Jefferson Lerma, Andrew Surman, Junior Stanislas; Ryan Fraser; Joshua King.

Liverpool (4-3-3): Alisson; James Milner, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Xherdan Shaqiri, Mohamed Salah, Roberto Firmino.