Bournemouth 1-1 Arsenal: Aubameyang Selamatkan Debut Arteta

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 26 Desember 2019
Bournemouth 1-1 Arsenal: Aubameyang Selamatkan Debut Arteta
Pierre-Emerick Aubameyang (twitter/premierleague)

BolaSkor.com - Dalam laga pertama Mikel Arteta sebagai manajer, Arsenal bermain imbang 1-1 atas tuan rumah Bournemouth di Vitality Stadium, Kamis (26/12) malam WIB. Gawang Arsenal bahkan dijebol lebih dulu oleh Dan Gosling pada menit ke-35. Pierre-Emerick Aubameyang muncul sebagai penyelamat dengan gol penyamanya di menit 71.

Tuan rumah melakukan tiga perubahan dari skuat yang turun saat dikalahkan Burnley pada laga sebelumnya. Kali ini manajer Eddie Howe menampilkan Steve Cook, Jack Simpson, dan Callum Wilson sebagai starter.

Sedangkan pada debutnya sebagai manajer Arsenal, Mikel Arteta memainkan Sokratis, Mesut Ozil, dan Alexandre Lacazette sejak kick off. Dengan skema 4-2-3-1 Arteta menempatkan Lacazette sebagai tombak yang didukung oleh Ozil, Aubameyang, dan Reiss Nelson. Debut pada usia 37 tahun dan 275 hari, Arteta menjadi manajer termuda Arsenal sejak Terry Neill pada 1976.

Baca Juga:

Mereka yang Menjadi Pembantu Mikel Arteta di Arsenal

Target Realistis 6 Raksasa Premier League pada Bursa Transfer Musim Dingin 2020

Arsenal Disalip Everton dalam Perebutan Servis Carlo Ancelotti

Arsenal mencoba langsung menekan pedal gas sejak awal laga. Namun kubu tuan rumah yang justru mendapatkan peluang emas pertama pada menit kelima. Berawal dari kerja sama Lewis Cook dan Callum Wilson, bola akhirnya mencapai Ryan Fraser yang melepaskan tembakan keras. Sayang bola masih bisa dibendung kiper Arsenal Bernd Leno.

Sepuluh menit duel berjalan, Arsenal semakin dominan dalam pengusaan bola. Pada menit 11, Mesut Ozil mampu menemukan Alexandre Lacazette di kotak penalti Bournemouth. Namun bola sepakan penyerang Prancis itu masih melambung di atas mistar.

Memasuki menit ke-20, kedua kubu terus mencoba membuka rekening gol lebih dulu. Namun usaha mereka masih gagal menghadirkan ancaman berarti. Sulit menembus pertahanan Bournemouth, The Gunners yang acap melancarkan serangan dari sisi sayap, sesekali melepaskan sepakan jarak jauh. Akan tetapi upaya yang dilakukan David Luiz dan Aubameyang belum tepat sasaran.

Bournemouth akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit 35. Dan Gosling berhasil mengoyak gawang Arsenal setelah meneruskan umpan silang mendatar dari Jack Stacey yang menusuk dari sisi kanan. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Saat waktu normal paruh pertama tersisa lima menit, Bournemouth bermain makin percaya diri. Pada menit 42, Joshua King harus memaksa Leno melakukan penyelamatan di tiang dekat. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tidak berubah hingga rehat.

Ketika babak kedua berjalan dua menit, sebuah peluang berhasil didapat Arsenal lewat Aubameyang. Namun bola melengkung sepakan kaki kanannya masih melenceng tipis dari sasaran.

Saat Arsenal kesulitan menciptakan peluang meski hingga menit ke-60 penguasaan bola mereka mencapai 61 persen. Sementara para pemain Bournemouth terlihat sesekali menyulitkan pasukan Arteta lewat aliran bola dari kaki ke kaki.

Pada menit 62, tuan rumah nyaris menambah keunggulan. Tetapi bola sepakan kaki kiri Callum Wilson masih bisa diamankan Leno. Sesaat setelah itu, justru Arsenal yang membuat gol lewat Aubameyang menfaatkan bola sepakan Nelson yang berbelok arah. Dengan sentuhan kecil, Aubameyang mengarahkan bola ke dalam gawang Bournemouth untuk mengubah skor menjadi 1-1.

The Gunners sejatinya bisa berbalik unggul pada menit 69 jika Lacazette yang sudah berhadapan dengan kiper mampu memaksimalkan peluang. Sayang bola masih bisa dibendung kiper Aaron Ramsdale dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Ketika waktu normal tersisa 15 menit kedua kubu bergantian melancarkan serangan. Akan tetapi serangan kedua kubu belum ada yang membahayakan.

Bournemouth sempat menjebol gawang Arsenal pada menit ke-81. Namun wasit, diperkuat VAR, menyatakan Callum Wilson yang meneruskan bola muntah dari Leno berada di posisi offside.

Di ujung laga, Arsenal membuang peluang untuk mendapatkan tiga poin setelah upaya Willock mudah diamankan Ramsdale. Hingga laga usai skor 1-1 tidak berubah.

Dengan hasil ini Arsenal masih berkutat di papan tengah, tepatnya di posisi ke-11 klasemen sementara Premier League dengan raihan 24 poin. Sedangkan Bournemouth di posisi ke-15 dengan 20 poin.

Susunan Pemain

BOURNEMOUTH (3-5-2): Aaron Ramsdale; Steve Cook, Chris Mepham, Jack Simpson; Jack Stacey, Lewis Cook, Jefferson Lerma, Dan Gosling (Biling 70), Ryan Fraser; Callum Wilson, Joshua King (Harry Wilson 66).

ARSENAL (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, David Luiz, Sokratis Papastathopoulos (Mustafi 77), Bukayo Saka; Granit Xhaka, Lucas Torreira; Reiss Nelson (Pepe 82), Mesut Ozil (Willock 75), Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette.

Premier League Breaking News Arsenal
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.080

Bagikan