BolaSkor.com - MotoGP Republik Ceska yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8) menuai kejutan. Pembalap KTM, Brad Binder, menyodok dari belakang dan merebut podium pertama.

Bagi Binder, ini menjadi kemenangan pertamanya di MotoGP. Hebatnya, rider Afrika Selatan itu bisa menembus posisi terdepan hanya dalam tiga balapan saja.

Tak banyak pembalap yang bia melakukan hal tersebut. Sebelum Binder, rider Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil merebut podium pertama di musim debutnya.

The Baby Alien menjadi pemenang MotoGP Austin pada 2013. Dalam hal ini, Marquez lebih unggul karena menjadi pemenang seri pada balapan kedua.

Namun, Binder boleh berbangga karena lebih baik dari juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi. Seperti halnya Binder dan Marquez, The Doctor juga langsung merebut kemenangan di musim perdananya.

Namun, Rossi perlu sembilan balapan sebelum berhasil merebut podium pertama. Kemenangan The Doctor didapat pada MotoGP Inggris 2000.

Baca Juga:

Marc Marquez Beda Pendapat dengan Manajer Repsol Honda soal Juara Dunia

Takaaki Nakagami Amati, Tiru, dan Modifikasi Cara Membalap Marc Marquez

Hal lain yang membuat Binder bisa disebut lebih baik dari Marquez dan Rossi adalah soal tunggangan. Binder merebut kemenangan dengan KTM yang tak punya sejarah memenangi balapan sebelumnya.

Binder merupakan rider KTM pertama yang berhasil memersembahkan kemenangan bagi pabrikan asal Austria tersebut. Prestasi KTM terbaik sebelumnya hanya finis ketiga melalui Pol Espargaro.

Dengan pencapaian yang dimiliki saat ini, bisa dibilang Binder berada dalam jejak para juara. Seperti halnya Marquez dan Rossi yang menjadi pemenang di musim debut dan menjadi juara dunia kemudian, Binder memiliki peluang yang sama.

Kemampuan Binder sebetulnya sudah tercium sejak menjadi juara dunia Moto3. Namun, saat naik kelas ke Moto2, penampilannya sedikit menurun akibat cedera.

Namun, pada musim berikutnya, Binder mulai unjuk gigi. Bahkan, Binder hampir menjadi juara dunia andai tak kalah dari Alex Marquez pada Moto2 2019.

Kini, Binder hanya perlu membuktikan konsistensi di MotoGP. Ia memiliki peluang kembali naik podium pada MotoGP Austria yang berlangsung di Red Bull Ring, Minggu (16/8).

Sitkuit tersebut merupakan markas dari KTM. Setiap musim, pabrikan asal Austria tersebut selalu melakukan tes di Red Bull Ring.

Rossi bahkan mengakui KTM dan Binder bisa saja merepotkan pada MotoGP Austria. Apalagi, KTM juga memiliki Pol Espargaro yang haus kemenangan.

“KTM menakutkan, mereka bisa saja menjadi yang pertama atau kedua. Mereka favorit juara di Austria,” ujar Rossi.