Braif Fatari, Mutiara Sorong yang Menjelma Jadi Striker Timnas Indonesia U-19

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 20 Oktober 2020
Braif Fatari, Mutiara Sorong yang Menjelma Jadi Striker Timnas Indonesia U-19
Braif Fatari. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-19/U-20 sedang melakukan pemusatan latihan (TC) di Kroasia sejak Agustus lalu. Skuat Garuda Muda sudah menjalani 10 laga uji coba sejauh ini, dengan hasil empat kali menang, tiga kali hasil imbang, dan tiga kali kekalahan.

Skuat Garuda Muda melawan Bulgaria U-19 (0-3), Kroasia U-19 (1-7), Arab Saudi U-19 (3-3), Qatar U-19 (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina U-19 (0-1), Dinamo Zagreb U-19 (1-0), NK Dugopolje (3-0), dan Makedonia Utara U-19 (4-1 dan 0-0).

Dalam 10 laga uji coba, ada sosok pemain yang menonjol, yakni Braif Fatari. Ia sudah mencetak dua gol bersama Timnas Indonesia U-19. Gol pertamanya dicetak saat melawan Arab Saudi U-19 pada 11 September lalu, dan gol kedua saat melawan NK Dugopolje pada 8 Oktober.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-19 Ikut Toulon Tournament, Shin Tae-yong Kontra Park Hang-seo Bisa Tersaji di Prancis

Setelah Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Akan Lakukan TC di Prancis

Mutiara Sorong

Braif merupakan putra Sorong, Papua. Ia memulai langkahnya dalam karier sepak bola saat mengikuti turnamen Piala Menpora 2017 di Bali mewakili Papua Barat.

Ia pun mendapat pantauan dari legenda Timnas Indonesia dan sepak bola Papua, Aples Tecuari. Dari situ, ia mengikuti program seleksi Garuda Select yang dipantau oleh Dennis Wise (Legenda Chelsea) dan Des Walker.

"Saya disuruh ke Malang untuk seleksi pemain yang direkomendasikan masuk ke Garuda Select 2018. Saya bersyukur bersama 23 pemain lainnya saya terpilih masuk tim Garuda Select 2018 yang berlatih selama enam bulan di Inggris. Setelah itu, tahun 2019 saya terpilih masuk ke Timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 di Vietnam. Dan bersyukur berlanjut masuk Timnas U-19 hingga saat ini, lalu saya bisa membela klub besar Persija Jakarta untuk Elite Pro Academy (EPA)," kata Braif kepada BolaSkor.com melalui PSSI.

"Karier saya selama ini sangat dibantu oleh bapak saya. Beliau sangat berperan dengan apa yang saya raih selama ini. Saya sangat bersyukur juga memilki saudara-saudara yang mendukung karier saya. Saya juga berterima kasih kepada coach Fakhri (Husaini), Dennis Wise, dan Des Walker yang membantu kemampuan saya berkembang dalam sepak bola, " tambahnya.

Braif Fatari
Braif Fatari. (PSSI)

Perpindahan Posisi

Braif awalnya berposisi sebagai gelandang. Namun, saat Timnas Indonesia U-19 era Shin Tae-yong, posisinya berubah. Shin Tae-yong mengubah posisinya menjadi striker lubang.

Shin Tae-yong pun sukses melakukan eksperimen tersebut. Buktinya, Braif Fatari mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-19 dalam 10 laga uji coba.

"Saat dipindah oleh coach Shin Tae-yong menjadi posisi striker, saya tentu butuh adaptasi. Bagaimana penempatan posisi yang bagus sebagai striker, agar bisa mencetak gol. Lalu bagaimana memanfaatkan peluang sekecil apa pun menjadi gol. Namun, saya menikmati itu, hasilnya saya akan melakukan apa pun demi Timnas U-19," tegas Braif.

"Coach Shin Tae-yong merupakan sosok yang tegas, disiplin, dan profesional. Kami intinya harus terus berjuang keras, fokus dan maksimal dalam setiap latihan dan bertanding. Kami siap lakukan keinginan apa pun dari Shin Tae-yong, agar Timnas U-19 bisa meraih hasil bagus," tambahnya.

Braif Fatari
Braif Fatari. (PSSI)



Mimpi dan Cita-Cita Braif

Braif pun berharap bisa menjaga performa apiknya hingga membela Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Saya ingin menjadi pesepak bola yang sukses, bisa berkarier di kompetisi Eropa dan mengantarkan Timnas Indonesia meraih prestasi. Tentu saja bisa menjadi hebat seperti Boaz Solossa dan Kevin de Bruyne," tambahnya.

Braif Fatari Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan