Brasil 1-0 Swiss: Samba Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 29 November 2022
Brasil 1-0 Swiss: Samba Susul Prancis ke Babak 16 Besar
Para pemain Brasil merayakan gol Casemiro ke gawang Swiss. (Twitter Timnas Brasil)

BolaSkor.com - Brasil berhasil mengalahkan Swiss 1-0, pada laga kedua Grup G Piala Dunia 2022 di Stadium 974, Senin (28/11) malam WIB. Hasil ini membuat Brasil menjadi tim kedua setelah juara bertahan Prancis yang lolos ke babak 16 besar.

Dalam laga tersebut, Brasil turun tanpa Neymar. Pemain Paris Saint Germain (PSG) tersebut harus Absen karena cedera engkel saat mengalahkan Serbia 2-0.

Pertandingan berjalan seimbang di menit-menit pertama. Kedua tim bermain dengan tempo cepat. Namun, Brasil lebih menguasai penguasaan bola.

Peluang emas untuk Brasil baru tercipta pada menit ke-27 melalui Vinicius Junior. Umpan lambung Raphinha diteruskan oleh Vinicius Jr. Sayang, bola sontekannya masih bisa ditepis oleh kiper Swiss, Yann Sommer.

Tiga menit berselang giliran Raphinha yang mencoba peruntungan. Namun, bola sepakan keras pemain Barcelona itu dari luar kotak penalti bisa ditangkap Yann Sommer.

Swiss belum mendapat peluang emas yang berarti. Tak ada gol tercipta. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Baca Juga:

Bintang Laga Serbia Vs Kamerun: Vincent Aboubakar, Super-sub The Indomitable Lions

Korea Selatan 2-3 Ghana: The Black Stars Buka Peluang ke 16 Besar

Serbia 3-3 Kamerun: Kekuatan Pantang Menyerah ala The Indomitable Lions

Brasil
Aksi Vinicius Jr melawan Swiss. (Twitter FIFA)

Di babak kedua, justru Swiss yang menggempur pertahanan Brasil. Namun, Tim Samba masih disiplin dari menghadapi gempuran Swiss.

Terus digempur, Brasil keluar menyerang. Brasil sebetulnya mendapat gol melalui Vinicius Jr pada menit ke-65.

Berawal dari serangan balik Alex Sandro, bola diterima Richarlison untuk kemudian diteruskan ke Casemiro.

Casemiro mengirimkan bola dengan umpan terobosan me Vinicius Jr, yang kemudian meneruskannya dengan tendangan mendatar. Sayang, wasit mengecek VAR, Richarlison saat menerima bola sudah berada dalam posisi offside. Skor masih kaca mata.

Brasil pun selanjutnya kesulitan membongkar pertahanan Swiss yang disiplin. Absennya Neymar sangat berpengaruh, karena tidak ada sosok yang menusuk dengan aksi individu ke dalam pertahanan lawan. Brasil hanya mengandalkan umpan-umpan lambung.

Tite mengganti Richarlison dan Raphinha dengan Gabriel Jesus serta Anthony, untuk memecah kebuntuan. Namun, keduanya belum bisa menjawab.

Gol yang ditunggu Brasil akhirnya tercipta pada menit ke-83 melalui Casemiro. Berawal dari pergerakan Vinicius Jr, bola dikirim ke Bruno Guimaraes yang kemudian memberikan umpan sambil balik badan ke Casemiro.

Bola langsung disambar Casemiro dengan tendangan voli keras di dalam kotak penalti Swiss. Bola menghujam gawang Swiss, Yann Sommer hanya terdiam. Skor 1-0 untuk Brasil.

Swiss mencoba menyamakan kedudukan, namun tak berhasil di sisa waktu. Kemenangan 1-0 Brasil atas Swiss bertahan.

Hasil ini membuat Brasil lolos ke babak 16 besar. Tim Samba menjadi tim kedua ke 16 besar setelah juara bertahan Prancis.

Brasil mengoleksi 6 poin dari 2 laga, dan berada di puncak klasemen sementara Grup G. Perolehan poinnya sudah tidak dapat dikejar Swiss (3 poin), Kamerun (1 poin), dan Serbia (1 poin), dengan sisa satu pertandingan.

Satu tiket tersisa dari Grup G akan diperebutkan Swiss, Kamerun, serta Serbia. Laga terakhir mempertemukan Swiss melawan Serbia, serta Brasil kontra Kamerun, Sabtu (3/12) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Brasil: Alisson Becker, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro, Casemiro, Fred, Lucas Paqueta, Raphinha, Richarlison, Vinicius Junior.

Pelatih: Tite

Swiss: Yann Sommer, Ricardo Rodriguez, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Silvan Widmer, Fabian Rieder, Granit Xhaka, Remo Freuler, Djibril Sow, Ruben Vargas, Breel Embolo.

Pelatih: Murat Yakin

Brasil Swiss Timnas Swiss Timnas Brasil Piala dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.282

Bagikan