Brasil 1-2 Belgia: Taklukkan Juara Dunia Lima Kali, Red Devils Tantang Prancis di Semifinal

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 07 Juli 2018
Brasil 1-2 Belgia: Taklukkan Juara Dunia Lima Kali, Red Devils Tantang Prancis di Semifinal
Timnas Belgia menang 2-1 kontra Brasil (Foto: @BelRedDevils)

BolaSkor.com - Juara dunia lima kali, timnas Brasil, kalah 1-2 dari Belgia di perempat final Piala Dunia 2018. Dengan hasil ini, Belgia akan menghadapi Prancis di semifinal. Asisten pelatih Belgia asal Prancis, Thierry Henry, akan bertemu timnas negara kelahirannya.

Sedikit perubahan terjadi di kedua tim. Brasil asuhan Tite tidak dapat menurunkan Casemiro karena akumulasi kartu, sebagai gantinya, Tite memainkan Fernandinho untuk mendampingi Paulinho dalam taktik 4-2-3-1.

Selain pergantian tersebut, Brasil masih bermain dengan mengandalkan Willian, Philippe Coutinho, Neymar, dan Gabriel Jesus di lini depan.

Sedangkan Roberto Martinez di kubu Belgia menurunkan Marouane Fellaini dan Nacer Chadli sebagai starter, menggantikan Yannick-Ferreira Carrasco dan Dries Mertens. Kevin De Bruyne maju ke depan untuk melengkapi trisula lini depan bersama Romelu Lukaku dan Eden Hazard.

Pertandingan langsung berjalan seru sejak wasit menuip peluit tanda dimulainya laga. Adu kualitas individu kedua tim tak terelakkan. Jual beli serangan juga terjadi di 10 menit pertama.

Brasil mendominasi penguasaan bola, namun, Belgia sangat efektif dan tajam ketika melancarkan serangan balik. Rencana bermain yang ditetapkan Martinez berjalan dengan baik. Belgia sukses mencuri keunggulan di menit 14.

Berawal dari situasi tendangan pojok yang diambil Chadli, bola mengenai tubuh Fernandinho yang mendefleksikannya ke gawang Brasil. Gol bunuh diri dan Alisson tak dapat mencegahnya. 1-0 Belgia unggul.

Brasil mencoba mengejar ketertinggalan dengan memanfaatkan penguasaan bola yang mereka miliki. Tetapi, pertahanan Belgia sangat solid dan sulit ditembus. Brasil frustrasi.

Benar saja. Keasyikan menyerang, Brasil kecolongan dari serangan balik. Lukaku mengawali serangan balik dengan aksi solo run dari lini tengah, memberikan bola kepada De Bruyne yang tanpa ampun mengonversinya menjadi gol. 2-0 Belgia menjauh.

Sepanjang babak pertama ini Belgia sukses memancing para pemain Brasil untuk mengikuti permainan mereka. Kedudukan 2-0 untuk Belgia bertahan hingga babak pertama berakhir, plus tambahan waktu.

Tite langsung mengganti pemainnya di menit-menit awal babak kedua. Willian dan Jesus ditarik keluar, digantikan dengan Roberto Firmino dan Douglas Costa. Brasil kini bermain dengan taktik 4-3-3.

Waktu semakin menipis untuk Brasil dan kini menunjukkan menit 70. Dua menit berselang, Tite melakukan perjudian terakhirnya dengan memasukkan Renato Augusto untuk menggantikan Paulinho.

Pergantian yang jitu. Augusto langsung mencetal gol tiga menit berselang setelah dia masuk bermain. Menerima umpan lambung Coutinho, Augusto menanduk bola di antara bek Belgia dan memperkecil kedudukan. 1-2 Brasil coba mengejar ketertinggalan.

Menjelang laga berakhir, Martinez coba mengamankan keunggulan dengan memasukkan Thomas Vermaelen dan Youri Tielemans, menggantikan Chadli dan Lukaku.

Lima menit waktu tambahan di babak kedua berakhir. Tidak ada lagi gol yang tercipta. Belgia menang 2-1 atas Brasil dan akan menantang Prancis di semifinal Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain:

Brasil (4-2-3-1): Alisson Becker; Marcelo, Miranda, Thiago Silva, Fagner; Fernandinho, Paulinho (Renato Augusto 72'), Neymar, Philippe Coutinho, Willian (Roberto Firmino 46'); Gabriel Jesus (Douglas Costa)

Pelatih: Tite

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Nacer Chadli (Thomas Vermaelen 82'), Marouane Fellaini, Axel Witsel, Thomas Meunier; Eden Hazard, Romelu Lukaku (Youri Tielemans 86'), Kevin De Bruyne

Pelatih: Roberto Martinez

Breaking News Timnas Brasil Timnas Belgia Fernandinho Kevin de Bruyne Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan