BolaSkor.com - Brasil bisa dibilang menjadi negara paling sukses sepanjang sejarah sepak bola dunia hingga saat ini. Meski sepak bola ditemukan di Inggris, Brasil menjelma sebagai negara besar sepak bola.

Lima bintang di atas logo Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) menjadi buktinya. Lima kali juara Piala Dunia merupakan pembuktian Seleccao.

Tak ayal, banyak talenta berbakat dari Brasil lahir. Dari grade a hingga d tersebar di seluruh penjuru dunia. Tak kecuali di J1 League.

Musim ini, Brasil menjadi negara yang menyumbangkan pemain asing terbanyak di J1 League.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik J1 League 2022, dari Stadion hingga Pemain Asing

Kashima Antlers, Ayase Ueda dan Perjuangan Kembalikan Kejayaan ‘Pulau Rusa’

Zico
Zico. (J League)

Keran Pemain Brasil di J1 League

Setelah liga profesional J League dimulai pada 1993, sepak bola mulai digemari masyarakat Jepang yang sebelumnya lebih suka baseball dan olahraga lainnya.

Hal ini dibantu oleh kedatangan legenda timnas Brasil, Arthur Antunes Coimbra atau lebih sering dipanggil Zico, ke Sumimoto Metal (sekarang Kashima Antlers) pada 1991.

Zico bermain di sana sampai pensiun pada 1994. Kemampuan kelas dunia yang ditunjukkan Zico di sana kabarnya menjadi salah satu daya tarik tersendiri saat liga profesional baru saja lahir.

Zico tak sendiri, ia kemudian disusul mantan rekan setimnya di timnas Brasil seperti Careca (Kashiwa Reysol) dan kapten timnas Brasil yang juara Piala Dunia 1994, Dunga (Jubilo Iwata).

Anderson Lopes
Anderson Lopes. (J League)

Total, ada delapan pemain dari skuad juara timnas Brasil di Piala Dunia 1994 yang bermain di J League, termasuk Jorginho dan Bebeto.

Ditambah, para petinggi sepak bola di Jepang saat itu memilih Brasil sebagai kiblat sepak bola yang harus diikuti.

Dengan metode sains, mereka membuat rencana strategis "J League: Rencana 100 tahun" dengan sepak bola Brasil sebagai intinya.

Pemain asing Brasil terus berdatangan ke J1 League. Pada musim 2021, dari 18 tim J1 League, hanya Urawa Red Diamonds yang tercatat tak memiliki pemain asal Brasil dalam skuatnya.

Pemain asing Urawa Reds berasal dari Denmark (Alexander Scholz, Kasper Junker), Swedia (David Moberg Karlsson), dan Belanda (Alex Schalk).

Sedangkan dari 17 tim lainnya, total tercatat setidaknya ada 50 pemain berkebangsaan Brasil yang bermain di kasta teratas Liga Jepang. Jumlah ini lebih banyak dua kali lipat jika dibandingkan pemain asing dari negara lainnya.

Ada tim-tim yang hanya punya satu pemain asal Brasil seperti Sagan Tosu, Shonan Bellmare, dan Vissel Kobe. Ada pula tim yang dipenuhi pemain Negeri Samba, macam FC Tokyo, Kashima Antlers, Kashiwa Reysol, Shimizu S-Pulse, dan Yokohama F Marinos masing-masing memiliki lima pemain asal Brasil.

Musim ini, dari 52 pemain Brasil di J1 League ada beberapa nama besar, termasuk mantan striker timnas Brasil, Leandro Damiao, yang membela Kawasaki Frontale.

Berikut Ini Daftar Pemain Asing asal Brasil di Meiji Yasuda J1 League 2022:

Avispa Fukuoka: Lukian, Douglas Grolli.

Cerezo Osaka: Bruno Mendes, Jean Patric.

FC Tokyo: Adailton, Bruno Uvini, Diego Oliveira, Leandro, Henrique Trevisan.

Gamba Osaka: Leandro Pereira, Patric, Wellington Silva, Dawhan.

Hokkaido Consadole Sapporo: Douglas Oliveira, Lucas Fernandes, Gabriel Xavier.

Jubilo Iwata: Ricardo Graca, Dudu Pacheco.

Kashima Antlers: Arthur Caike, Bueno, Diego Pituca, Everaldo, Juan Alano.

Kashiwa Reysol: Douglas, Dodi, Emerson Santos, Matheus Savio, Rodrigo Angelotti.

Kawasaki Frontale: Jesiel, Joao Schmidt, Leandro Damiao, Marcinho.

Kyoto Sanga: Mendes.

Nagoya Grampus: Leo Silva, Tiago Pagnussat, Mateus.

Sagan Tosu: Diego.

Sanfrecce Hiroshima: Douglas Vieira, Ezequiel, Junior Santos.

Shimizu S-Pulse: Carlinhos Jr, Thiago Santana, Renato Augusto, Ronaldo, Valdo.

Shonan Bellmare: Wellington.

Vissel Kobe: Lincoln.

Yokohama F. Marinos: Marcos Junior, Elber, Leo Ceara, Anderson Lopes, Eduardo.