Brighton 0-0 Man United (6-7 Pen): Derby Manchester di Final Piala FA

Arief HadiArief Hadi - Senin, 24 April 2023
Brighton 0-0 Man United (6-7 Pen): Derby Manchester di Final Piala FA
Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United sukses mencapai final Piala FA 2022-2023. Red Devils menyingkirkan Brighton & Hove Albion di semifinal yang dihelat di Wembley, Minggu (23/04) malam WIB, melalui drama adu penalti.

Dengan hasil tersebut maka Man United memastikan Derby Manchester di final melawan Manchester City, yang menyingkirkan Sheffield United dengan skor telak 3-0. Final Piala FA akan dihelat di Wembley pada 3 Juni 2023.

Pertandingan tidak berjalan mudah bagi Man United, menghadapi Brighton besutan Roberto De Zerbi yang berada dalam performa bagus. Brighton bermain dengan 4-2-3-1 dengan mengandalkan Solly March, Juan Enciso, Kaoru Mitoma, Danny Welbeck di lini depan.

Momentum bermain Brighton terlihat dari performa mereka di awal babak pertama. Brighton mengalirkan bola dengan baik dan Man United tak bisa terlalu lama mengontrol bola, terlebih Christian Eriksen, Casemiro, dan Bruno Fernandes terus mendapatkan tekanan dari lawan saat memainkan bola.

Baca Juga:

Manchester United Masuki Periode Krusial, Erik ten Hag Fokus ke Laga Terdekat

Manchester City Berpeluang Raih Treble, Guardiola: Suporter Manchester United Jangan Takut

Erik Ten Hag Tegaskan Peran Penting Harry Maguire untuk Manchester United

Kendati demikian dari serangan balik Man United tetap berbahaya. Setidaknya ada dua peluang dari Bruno Fernandes untuk mencetak gol, tetapi peluangnya melebar dan ditepis kiper Brighton, Robert Sanchez.

Sedangkan kompatriot Sanchez, David De Gea, menepis peluang dari tendangan bebas Mac Allister. Tak ada gol di babak pertama yang berakhir dengan skor 0-0. Brighton mendominasi tapi Man United paling sering menciptakan peluang.

Jalannya pertandingan di babak kedua tidak jauh berbeda. Man United tidak banyak mendominasi penguasaan bola, namun Brighton juga tidak efisien kala menciptakan peluang. Namun di babak kedua mereka cukup merepotkan.

Seperti halnya di paruh pertama, duo kiper Spanyol masing-masing tim tampil heroik mengamankan peluang. Seperti De Gea yang menepis bola dari sepakan Juan Enciso serta Sanchez yang mengagalkan peluang dari Marcus Rashford.

Tempo laga melambat jelang akhir babak kedua dan kedua tim terlihat lelah, ini bisa dilihat dengan lambatnya aliran bola. Pertandingan berakhir di dua babak dengan skor kacamata dan berlanjut ke babak tambahan.

De Zerbi tak banyak melakukan pergantian pemain, hanya memasukkan Joel Veltman dan Denis Undav mengantikan Enciso dan Welbeck. Sedangkan Erik ten Hag memainkan Fred, Jadon Sancho, Marcel Sabitzer, Tyrell Malacia, dan Wout Weghorst dari bangku cadangan.

Babak tambahan pun tidak menghasilkan gol selama 30 menit (dua babak) di Wembley. Para pemain bak sudah kehabisan tenaga dan ingin cepat laga berlanjut ke drama adu penalti. Benar saja, adu penalti pun terjadi.

Enam penendang penalti pertama dari kedua tim menjalankan tugas dengan baik - tidak ada yang gagal mencetak gol. Sampai momen itu terjadi pada penendan penalti ketujuh Brighton yang dilakukan oleh Solly March.

Tendangan March melebar tinggi di atas kiri gawang David de Gea dan setelahnya, Victor Lindelof menjadi penendang penalti ketujuh Man United dan sukses mencetak gol, membawa klub ke final. Laga berakhir 7-6 via drama adu penalti di Wembley.

Susunan Pemain

Brighton & Hove Albion (4-2-3-1): Robert Sanchez; Pascal Gross, Adam Webster, Lewis Dunk, Pervis Estupinan; Moises Caicedo, Alexis Mac Allister; Solly March, Juan Enciso (Joel Veltman 67'), Kaoru Mitoma; Danny Welbeck (Denis Undav 75').

Pemain Cadangan: Levi Colwill, Denis Undav, Jason Steele, Yasin Ayari, Billy Gilmour, Jan-Paul van Hecke, Joel Veltman, Facundo Buonanotte, Odeluga Offiah.

Pelatih: Roberto De Zerbi

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka (Tyrell Malacia 101'), Luke Shaw, Victor Lindelof, Diogo Dalot; Casemiro, Christian Eriksen (Fred 62'); Marcus Rashford, Bruno Fernandes (Wout Weghorst 101'), Antony (Marcel Sabitzer 90'); Anthony Martial (Jadon Sancho 85').

Pemain Cadangan: Tyrell Malacia, Marcel Sabitzer, Fred, Jadon Sancho, Wout Weghorst, Facundo Pellistri, Jack Butland, Brandon Williams, Anthony Elanga.

Pelatih: Erik ten Hag

Piala FA Manchester United Brighton
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan