Brighton 1-1 Liverpool: Penalti di Ujung Laga Batalkan Kemenangan The Reds

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 28 November 2020
Brighton 1-1 Liverpool: Penalti di Ujung Laga Batalkan Kemenangan The Reds
Selebrasi Brighton (twitter/officialbhafc)

BolaSkor.com - Liverpool harus puas membawa satu poin saat tandang ke Amex Stadium, markas Brighton & Hove Albion, Sabtu (28/11) malam WIB. Unggul lebih dulu lewat gol Diogo Jota pada menit ke-60, Liverpool harus menerima hasil imbang setelah Pascal Gross mencetak gol penyama lewat titik putih di pengujung laga.

Pada laga ini manajer Liverpool memberi kesempatan kepada Takumi Minamino menjalani laga pertama sebagai starter di Premier League. Klopp melakukan perubahan dengan mengusung formasi 4-2-3-1 dengan mengistirahatkan Sadio Mane dan kapten Jordan Henderson.

Di kubu tuan rumah melakukan dua perubahan dibanding tim yang mengalahkan Aston Villa. Eks Liverpool Adam Lallana duduk di bangku cadangan, sedangkan Danny Wellbeck dan Neal Maupay dipercaya sebagai duet tombak.

Baca Juga:

Kebingungan Seputar Laga Liverpool Lawan Midtjylland Terjawab

Perubahan Formasi Bukan Jadi Faktor Kekalahan Liverpool

Statistik Jeblok Liverpool: Jangankan Gol, Tembakan Pun Nihil

Liverpool yang tampil pincang bermain tidak seperti biasanya. Lini belakang yang solid kini mudah ditembus. Berulang kali para pemain Brighton mampu memaksa kiper Liverpool, Allison keluar dari sarangnya.

Tuan rumah sempat mengejutkan lini belakang The Reds. Pada menit ke-10, Aaron Connolly lolos dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan dari tengah lapangan. Sayangnya, Connolly gagal memaksimalkan peluang meski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Liverpool, Alisson.

Selang sembilan menit, gawang Liverpool kembali terancam. The Seagulls mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Neco Williams menjatuhkan Connolly. Namun, Neal Maupay, yang dipercaya menjadi eksekutor tendangan penalti, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola sepakan Maupay melenceng ke sisi kiri gawang.

Liverpool berusaha mengendalikan jalannya laga. Namun, kendati mencatatkan pengusaan bola hingga mencapai 65 persen dan tiga tembakan.

Liverpool sebenarnya sempat merobek gawang tim tuan rumah, tepatnya pada menit ke-35. Setelah menerima umpan terobosan dari Firmino, Salah langsung merangsek dan memanfatkan celah di lini belakang The Seagulls sebelum menaklukkan kiper Brighton, Mat Ryan.

Namun, setelah melakukan review VAR, wasit menganulir gol tersebut karena Salah sudah berdiri di posisi offside saat Firmino melepaskan umpan terobosan.

Skor imbang tanpa gol tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Di paruh kedua Liverpool bermain dengan garis pertahanan lebih tinggi. Alhasil di awal paruh kedua Liverpool lebih memegang kontrol dibanding babak pertama.

Meski demikian, juatru Brighton yang mampu membuat peluang pertama di babak kedua lewat aksi Welbeck pada menit 54. Namun bola sepakan Welbeck yang merangsek dari sisi kanan masih muda dijinakkan Alisson.

Selang enam menit, Liverpool membuka skor. Diogo Jota meneruskan tren positifnya dengan menyumbang gol setelah menerima umpan Mohamed Salah. Ini merupakan gol kedelapan Jota dalam delapan laga terakhir.

Tertinggal satu gol, Brighton justru makin kesulitan menguasai bola. Sedangkan Liverpool mampu mengendalikan permainan dengan penguasaan bola hingga 69 persen memasuki menit 70.

Pada menit ke-83, Liverpool berhasil membobol gawang Brighton lewat tandukan Sadio Mane. Namun setelah mendapatkan masukan VAR, wasit tidak mengesahkan gol karena Mane sudah dalam posisi offside saat Robertson melepaskan umpan sepakan bebas.

Petaka datang bagi Liverpool di pengujung laga. Wasit Stuart Atwell kembali memberikan penalti kepada Brighton setelah mendapatkan bantuan dari VAR. Setelah melihat rekaman, wasit menilai Robertson melakukan pelanggaran terhadap Welbeck. Pascal Gross yang menjadi algojo penalti Brighton sukses menjalankan tugasnya.

Skor imbang 1-1 tidak berubah hingga pertandingan usai. Dengan hasil imbang ini. Liverpool sementara naik ke puncak klasemen dengan raihan 21 poin dari sepuluh laga, unggul satu dari Tottenham Hotspur yang baru menjalani sembilan laga.

Susunan pemain:

Brighton & Hove Albion (3-4-1-2): Mat Ryan; Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster; Joel Veltman, Yves Bissouma, Pascal Gross, Solly March; Aaron Connolly (Lallana 64/Jahanbakhsh 71); Danny Welbeck, Neal Maupay.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Neco Williams (Henderson 46), Nat Phillips, Fabinho, Andy Robertson; James Milner (Jones 74, Georginio Wijnaldum; Takumi Minamino, Roberto Firmino, Diogo Jota; Mohamed Salah (Mane 64).

Premier League Liverpool Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.964

Bagikan