Brighton 2-1 Liverpool: Gol Telat Mitoma Singkirkan The Reds dari Piala FA

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 29 Januari 2023
Brighton 2-1 Liverpool: Gol Telat Mitoma Singkirkan The Reds dari Piala FA
Selebrasi Kaoru Mitoma (twitter/emiratesfacup))

BolaSkor.com - Juara bertahan Piala FA Liverpool tersingkir di babak keempat setelah dibekuk Brighton and Hove Albion. Tanding di Amex Stadium, Brighton menang 2-1, Minggu (29/1) malam WIB.

Liverpool unggul lebih dulu lewat gol Harvey Elliott pada menit ke-30. Sedangkan dua gol rumah rumah disumbang Lewis Dunk (39) dan Kaoru Mitoma (90+2).

Kini peluang Liverpool meraih trofi tinggal di ajang Liga Champions. The Reds akan menghadapi Real Madrid di babak 16 besar Liga Champion. Laga leg pertama akan berlangsung 22 Februari 2023.

Baca Juga:

Berkutat di Zona Degradasi, Everton Depak Frank Lampard dan Staf Kepelatihannya

Cari Pengganti Frank Lampard, Everton Bidik Guru Pep Guardiola

Jurgen Klopp Panaskan Isu Pelatih Baru Everton

Kedua kubu memulai laga dengan tampil menekan. Jual beli serangan langsung tersaji pada awal pertandingan. Hingga pertengahan babak pertama, Brighton memiliki peluang terbesar untuk bisa mencetak gol pembuka di laga ini. Sebuah serangan yang berawal dari sisi kanan pertahanan Liverpool berujung pada sodoran bola ke depan mulut gawang.

Evan Ferguson sempat menyambar bola ke sisi pojok bawah gawang The Reds. Namun, Trent Alexander-Arnold bisa menghalau bola tersebut yang mengarah ke gawang.

Pada menit ke-24, giliran The Reds mendapatkan peluang emas. Mohamed Salah tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Brighton, Jason Steelee, gagal memaksimalkan peluang. Bola sepakan Salah masih melebar di sisi kanan gawang tim tuan rumah.

The Reds mencatatkan keunggulan di laga ini lewat Harvey Elliot pada menit ke-30. Elliot mendapatkan umpan terobosan dari Salah di sisi kiri pertahanan The Seagulls. Elliot kemudian melepaskan sepakan terarah ke pojok kanan bawah gawang Brighton tanpa bisa dihentikan Steele.

Keunggulan The Reds ini ternyata hanya bertahan sembilan menit. Lewis Dunk mencatatkan namanya di papan skor. Bek tengah Brighton tersebut membelokkan arah bola tendangan Tariq Lamptey yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

Skor imbang, 1-1, menutup laga babak pertama di tempat yang juga dikenal dengan nama Stadion Amex tersebut.

Di babak kedua, tuan rumah masih melanjutkan performa di paruh pertama. Mereka masih lebih mendominasi permainan.

Beberapa kali serangan Brighton datang dari sisi kiri, memanfaatkan duel antara Kaoru Mitoma melawan Trent Alexander-Arnold. Hal ini disadari oleh bos Liverpool Jurgen Klopp.

Setengan jam laga berjalan, Klopp akhirnya menarik keluar Trent Alexander-Arnold dan digantikan oleh James Milner. Klopp tampaknya menilai Trent Alexander-Arnold tidak bisa meladeni Mitoma.

Liverpool mulai meningkatkan tekanan memasuki menit ke-70. Pressing Liverpool cukup menyulitkan Brighton dalam membangun serangan dari bawah.

Meski begitu, Brighton mampu menciptakan peluang pada menit ke-71. Peluang lahir lagi-lagi dari lewat serangan yang dibangun Mitoma dari sisi kiri. Namun umpan akurat Mitoma gagal dimanfaatkan oleh Solly March.

Rentetan hasil buruk Liverpool berlanjut ketika Mitoma mampu menjebol gawang Liverpool di pengujung babak kedua. Meski sempat dicek VAR, gol tetap disahkan dan Brighton unggul 2-1.

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat langkah Liverpool, sang juara bertahan, tersingkir. Sementara Brighton memastikan lolos ke babak kelima Piala FA.

Susunan Pemain

BRIGHTON AND HOVE ALBION (4-2-3-1): Jason Steele; Tariq Lamptey, Lewis Dunk, Adam Webster (Veltman 46), Pervis Estupinan; Alexis Mac Allister, Pascal Gross; Solly March, Danny Welbeck (Gilmour 67), Kaoru Mitoma; Evan Ferguson

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold (Milner 59), Joe Gomez, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Thiago (Jones 80), Stefan Bajcetic (Fabinho 84), Naby Keita (Henderson 59); Harvey Elliott (Nunez 59), Cody Gakpo, Mohamed Salah

Piala FA Liverpool Brighton Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.092

Bagikan