BolaSkor.com - Manchester United memetik kemenangan perdana mereka di musim 2020-21. Setan Merah menekuk Brighton & Hove Albion 3-2 lewat drama di Stadion Amex, Sabtu (26/9) malam WIB.

Gol United disumbang Marcus Rashford di menit ke-55, gol bunuh diri Lewis Dunk (43), dan penalti Bruno Fernandes di akhir laga. Sedangkan dua gol Brighton dari tendangan penalti Neal Maupay di menit ke-40 dan Solly March (90+5).

Brighton lebih dulu melakukan tekanan di awal pertandingan. Sebuah usaha Leandro Trossard lewat tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih membentur tiang kiri gawang Man United di menit kesembilan.

Baca Juga:

Kalidou Koulibaly Sulit Didatangkan, Manchester City Lirik Ruben Dias

Manchester City Hanya Miliki 13 Pemain Fit, Guardiola Rancang Rencana Darurat

Kevin De Bruyne Berikan Peringatan kepada Liverpool

Neal Maupay melanjutkan tekanan tuan rumah namun sepakannya masih melambung. Pada menit ke-12, Maupay sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti masih dapat diblok.

United mencoba membuka serangan. Mason Greenwood mencoba mengancam lewat sepakan kaki kirinya namun bola masih melebar di samping kanan gawang di menit ke-17.

Brighton kembali balik menekan United. Sebuah peluang dimiliki Trossard namun kembali usahanya masih membentur tiang gawang setelah melepas sepakan dari luar kotak penalti di menit ke-21.

Tekanan masih dilancarkan oleh tuan rumah. Peluang Aaron Connolly setelah berawal dari sepak Maupay melenceng di sisi kiri gawang di menit ke-25.

Pada menit ke-30, peluang emas Adam Webster yang menyambut sebuah tendangan bebas dengan sundulannya dapat digagalkan membentur mistar gawang Manchester.

Tujuh menit berselang, wasit menunjuk titik penalti setelah Bruno Fernandes melakukan pelanggaran kepada Tariq Lamptey.

Neal Maupay yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dengan melepaskan bola ke bagian tengah tinggi gawang. 1-0 untuk Brighton.

Namun pada menit ke-43, United menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Harry Maguire lewat kaki kirinya. Meski demikian, gol tersebut dinyatakan sebagai gol bunuh diri oleh Lewis Dunk.

United masih memiliki peluang di akhir babak pertama namun tembakan Nemanja Matic gagal membuahkan hasil. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan satu menit, tuan rumah sempat mendapatkan penalti setelah wasit Chris Kavanagh menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Paul Pogba terhadap Aaron Connoly. Namun kemudian keputusan wasit dibatalkan setelah melihat VAR.

Memasuki menit ke-53, Manchester United berhasil menjebol gawang Brighton lewat Rashford. Namun gol dibatalkan karena penyerang United tersebut berada dalam posisi offside.

Selang dua menit kemudian, United akhirnya mendapatkan gol. Kali ini usaha Rashford setelah menerima assist Bruno Fernandes berhasil membawa timnya berbalik unggul.

Berada dalam posisi tertinggal, Brighton mencoba menekan. Pada menit 58 tuan rumah menuntut diberikan sepakan penalti setelah Connolly terjatuh di kotak penalti. Namun wasit melihat itu bukan pelanggaran.

Dua menit berselang, Brighton membuang peluang emas. Usaha Solly March gagal berbuah gol karena bola sentuhannya hanya menerpa tiang gawang.

Gawang kembali menjadi penyelamat Manchester United. Kali ini bola sepakan Leandro Trossard yang berhadapan dengan David De Gea menghantam mistar gawang pada menit ke-76. Ini merupakan kelima kalinya peluang Brighton gagal karena gawang.

Tuan rumah terus memburu gol penyama, sedangkan United mencoba menurunkan ritme permainan. Di pengujung laga, tepatnya pada menit kelima tambahan waktu, usaha Brighton berbuah manis. March muncul sebagai pahlawan dengan gol telatnya.

Drama terjadi di akhir laga, sesaat sebelum wasit meniup peluit panjang, bola terlihat mengenai tangan Neal Maupay di kotak penalti. Meski peluit sudah ditiup, wasit memutuskan berkonsultasi dengan VAR yang membuahkan tendangan penalti untuk United. Laga yang semestinya sudah usai kembali dilanjutkan dengan eksekusi penalti yang dilakukan Bruno Fernandes. Gelandang Portugal sukses menjalankan tugasnya dan membawa United pulang dengan kemenangan 3-2.


Susunan Pemain

Brighton (3-4-2-1): Mat Ryan; Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster; Tariq Lamptey, Adam Lallana (Gross 75), Steven Alzate, Solly March; Leandro Trossard, Neal Maupay; Aaron Connolly (Jahanbakhsh 75).

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Paul Pogba Fred 65), Nemanja Matic; Mason Greenwood (Bailly 83), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial.