Britania Raya Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 14 November 2020
Britania Raya Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020
Piala Eropa 2020 (Twitter)

BolaSkor.com - Putaran final Piala Eropa 2020 berpeluang berlangsung di Britania Raya. UEFA tengah mempertimbangkan opsi ini secara serius.

UEFA awalnya berencana menggelar Piala Eropa di 12 kota dari berbagai penjuru benua biru. Namun keinginan tersebut terancam batal andai pandemi virus corona tak kunjung berakhir.

Wabah virus corona sudah membuat putaran final Piala Eropa 2020 mundur satu tahun dari jadwal semula. Masalah yang sama kini berpeluang mengubah format turnamen.

Baca Juga:

Ditunda karena Virus Corona, Penamaan Piala Eropa Tidak Berubah

Menelusuri Jalan Berliku Makedonia Utara Lolos ke Piala Eropa 2020

Empat Tim Lengkapi 24 Negara Peserta Piala Eropa 2020

UEFA

Menyelenggarakan event di berbagai negara tentu sangat riskan pada masa pandemi seperti saat ini. Selain sulitnya izin yang harus diurus, kondisi tiap negara tentu berbeda-beda dengan dampak dari virus ini.

Kondisi serupa sempat memaksa UEFA mengubah format fase gugur Liga Champions dan Liga Europa musim lalu. Mereka mengganti sistem kandang tandang dengan home tournament di satu negara saja.

Kebijakan ini sangat mungkin diterapkan kembali pada ajang Piala Eropa. UEFA tentu tak ingin salah satu event terbesarnya tak berjalan lancar karena alasan keamanan dan kesehatan.

Dilansir dari Daily Mail, UEFA tengah terlibat pembicaraan serius dengan Federasi Sepak bola Inggris (FA) terkait rencana ini. Nantinya, turnamen akan berlangsung tidak hanya di Inggris tapi juga Skotlandia dan Wales.

Namun UEFA masih akan menunggu perkembangan pandemi ini sebelum mengambil keputusan final. Sementara FA memberi waktu selama dua bulan sebagai tenggat waktu penunjukkan tuan rumah.

"Upaya UEFA difokuskan pada perencanaan turnamen di semua 12 tempat yang ditetapkan dengan penggemar. Keputusan yang bertentangan dengan rencana itu dapat dibuat lebih cepat jika perlu, tetapi saat ini tidak ada rencana untuk mengubah tempat mana pun," kata seorang juru bicara UEFA.

Inggris dan Skotlandia sebenarnya termasuk dalam daftar 12 tuan rumah Piala Eropa. Laga semifinal dan final bahkan dijadwalkan berlangsung di Stadion Wembley.

Namun jika Britania Raya dipilih menjadi tuan rumah tunggal, maka Wales akan menemani Inggris dan Skotlandia. Daerah ketiga negara yang berada di satu daratan yang sama akan memudahkan mobilitas tim-tim peserta sepanjang turnamen.

Piala Eropa 2020 UEFA Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan