BolaSkor.com - Asosiasi Sepak Bola Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Republik Irlandia akan bertemu untuk mendiskusikan kemungkinan pengajuan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Dilansir SkySports, negara-negara Britania Raya dan Rep Irlandia tampaknya sudah hampir pasti mengajukan diri. Pertemuan sendiri hanya untuk membicarakan venue mana yang memenuhi syarat FIFA. Dipastikan juga venue tidak akan terpusat di London saja.

Pemerintah Inggris akhir tahun lalu sudah memberi dukungan pengajuan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 atas nama Britania Raya dan Irlandia.

Baca Juga:

Vladimir Smicer Ungkap Momen Berharga di Liverpool Selain Gelar Liga Champions 2005

Mengenang Munich Disaster, Ketika Tragedi Meruntuhkan Tembok Rivalitas

"Jika memutuskan untuk maju, mereka bisa mengandalkan dukungan penuh dari pemerintah," ujar Perdana Menteri Theresa May.

Dalam memilih calon tuan rumah, FIFA mengambil beberapa pertimbangan seperti stadion, situasi politik, fans, ekonomi, transportasi, serta keamanan. Tidak hanya itu, dukungan penuh dari pemerintah juga menjadi syarat utama.

Untuk stadion, FIFA sudah memiliki aturan sendiri. Stadion harus mampu menampung 40.000 penonton untuk laga penyisihan grup, 60.000 semifinal, dan 80.000 untuk stadion yang digunakan di pembukaan dan final.

Untuk yang terakhir, Stadion Wembley menjadi satu-satunya yang memenuhi syarat. Sedangkan untuk semifinal, Stadion Millennium di Cardiff dan Murrayfield di Skotlandia bisa digunakan.

Terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah ajang besar sepak bola adalah pada 1996, saat mereka menggelar Piala Eropa. Sedangkan untuk Piala Dunia, terakhir menjadi tuan rumah adalah pada 1966, saat itu Inggris menjadi kampiun. Inggris juga pernah mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 dan 2018. Namun mereka kalah oleh Jerman dan Rusia.