BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris akan melakoni duel krusial kontra Republik Ceko pada laga terakhir grup D Piala Eropa 2020. Namun pertandingan ini seperti menjadi buah simalakama bagi The Three Lions.

Duel Inggris kontra Ceko akan berlangsung di Stadion Wembley, Rabu (23/6) dini hari WIB. Status juara grup menjadi pertaruhan kedua tim.

Sebagai salah satu tim unggulan, Inggris tentu ingin menjadi juara grup. Apalagi Harry Kane dan kawan-kawan tampil di depan publik sendiri.

Baca Juga:

Ketika Statistik 16 Gol Plus 20 Asisst Sancho Tak Berarti di Mata Southgate

Hitung-hitungan Peluang Inggris Lolos Ke-16 Besar Usai Ditahan Skotlandia

Piala Eropa 2020: Harry Kane Melempem, Southgate Berikan Pembelaan

Timnas Inggris

Status juara grup juga akan membuat Inggris tetap tampil di Wembley pada babak 16 besar mendatang. Itu tentu menjadi keuntungan tersendiri.

Peluang Inggris untuk mengalahkan Ceko juga cukup terbuka lebar. Kualitas tim asuhan Gareth Southgate tersebut di atas kertas memang lebih baik ketimbang sang calon lawan.

Masalahnya, status juara grup juga mengundang risiko yang tinggi. Andai meraihnya, Inggris akan bertemu runner up grup F.

Seperti diketahui, grup F diisi tiga tim besar yaitu Portugal, Jerman, dan Prancis. Inggris akan menghadapi salah satu dari ketiganya jika finis sebagai juara grup.

Meski akan bermain di Wembley, tidak ada jaminan Inggris mampu mengalahkan salah satu dari ketiga tim tersebut. Apalagi performa mereka masih belum maksimal.

Sementara jalan lebih mudah akan dilalui Inggris jika finis di peringkat kedua. Mereka hanya akan bertemu runner up grup E.

Persaingan di grup E sejauh ini masih ketat. Swedia, Slovakia, dan Spanyol masih punya peluang yang sama besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Inggris memang masih berpotensi bertemu Spanyol andai finis di peringkat kedua. Namun performa La Furia Roja yang angin-anginan harusnya tak perlu ditakuti.

Menarik melihat bagaimana Southgate dan pasukannya melihat kemungkinan-kemungkinan di atas. Namun sebagai penantang gelar juara, Inggris harusnya siap menghadapi siapa saja.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini