BolaSkor.com - Mantan penyerang Timnas Indonesia, Budi Sudarsono, mengungkapkan pendapatnya mengenai pembinaan pemain dan kompetisi sepak bola saat ini. Budi menilai segalanya lebih baik dibandingkan saat dia bermain dulu.

Budi Sudarsono merupakan salah satu penyerang legendaris Timnas Indonesia. Sepanjang karier-nya, Budi sempat membela klub-klub top tanah air, mulai dari Persebaya, Persija, dan Persib.

Selama periode 2001 hingga 2010, Budi Sudarsono juga kerap membela Timnas Indonesia. Total, pria asal Kediri, Jawa Timur itu tampil dalam 46 pertandingan dengan koleksi 16 gol.

Baca Juga:

Budi Sudarsono Kenang Persija dan The Jakmania

Budi Sudarsono: Insyallah Persija Juara

Sebagai sosok penyerang andalan Timnas Indonesia, tentunya Budi Sudarsono merasa gusar melihat prestasi akhir-akhir ini. Penyerang yang dijuluki Si Ular Piton itu berharap pembinaan pemain bisa lebih baik demi masa depan Timnas.

"Menurut saya, Timnas Indonesia harus berbenah semuanya. Sepak bola kan permainan tim, kalau ada salah, semuanya salah, kalau semua bahagia, semuanya bahagia," kata Budi Sudarsono ketika ditemui BolaSkor.com di Kuningan, Jakarta, Kamis (6/12).

"Yang perlu diperbaiki, terutama, sekarang kan sudah mulai pembinaan usia dini. Itu kan untuk Timnas senior nantinya. Mulanya dari pembinaan usia dini."

"Pembinaan usia dini saat ini pasti lebih baik daripada dulu di zaman saya, sekarang sudah ada kompetisi pro elite U-16, lalu Liga 2 U-19," lanjut pria yang juga pernah berkarier di Malaysia tersebut.

Sepanjang karier-nya, Budi Sudarsono terkenal sebagai penyerang serba bisa. Meski berposisi sebagai penyerang tengah, Budi kerap tampil impresif sebagai penyerang sayap atau gelandang serang.