BolaSkor.com - Persik Kediri akhirnya mengumumkan secara resmi Budi Sudarsono sebagai pelatih kepala yang baru. Ia menggantikan Joko Susilo yang sebelumnya menangani Persik di Liga 1 2020.

"Kami membutuhkan Coach Budi (Sudarsono) di sini. Dia akan memberikan contoh baik kepada pemain-pemain tim ini," ungkap Presiden Persik Kediri, Abdul Hakim Bafagih melalui rilis pada Kamis (13/8) malam.

Isu pergantian pelatih sebelumnya sudah berhembus sejak striker Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 itu datang mengikuti tes rapid di Mess Persik, Senin (10/08). Indikasi itu semakin kuat, setelah Budi Sudarsono ikut memimpin program tim mulai Selasa (11/08).

Seiring kebijakan itu, Persik juga mengangkat posisi Joko Susilo. Pelatih Arema FC di Liga 1 2018 yang berlisensi AFC Pro itu akan mengisi jabatan baru sebagai Direktur Teknik tim Macan Putih pada lanjutan Liga 1 nanti.

Baca Juga:

Joko Susilo Merespons Isu Pergantian Pelatih Persik Kediri kepada Budi Sudarsono

Ini Program Persik Kediri Sambut Kelanjutan Liga 1

"Nantinya, coach Budi Sudarsono akan berkolaborasi dengan coach Joko Susilo," tandas Hakim.

Sosok Budi Sudarsono memang tak asing lagi bagi publik sepak bola Kediri dan Persik Mania. Figur berusia 40 tahun itu merupakan putra daerah asli Kediri, dan menjadi striker Persik Kediri selama dua periode karirnya sebagai pesepakbola.

Budi Sudarsono menjadi bagian generasi emas Persik kala menjuarai Liga Indonesia musim 2006 lalu, dan sempat berlaga di level internasional pada kompetisi Liga Champions Asia musim 2007. (Laporan Kontributor Kristian Joan)