Buffon Balas Kritikan Publik Menyoal Pilihannya Kembali dari Masa Pensiun di Timnas Italia

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 23 Maret 2018
Buffon Balas Kritikan Publik Menyoal Pilihannya Kembali dari Masa Pensiun di Timnas Italia
Gianluigi Buffon tidak peduli dengan kritikan publik kepadanya (Getty Images)

BolaSkor.com - Ada yang menarik ketika Luigi Di Biagio, pelatih interim Timnas Italia, mengumumkan nama-nama yang dibawanya dalam skuat untuk menghadapi laga uji coba melawan Argentina (23/3) dan Inggris (27/3). Hal itu adalah keberadaan kiper berusia 40 tahun, Gianluigi Buffon.

Menarik, karena Buffon tahun lalu memutuskan pensiun pasca Italia, untuk kali pertama sejak 60 tahun silam, gagal lolos Piala Dunia dan disingkirkan Swedia. Namun, ia kembali dari masa pensiunnya setelah berbicara dengan Di Biagio dan menjawab keinginan publik, agar dia kembali memperkuat Gli Azzurri.

Kendati demikian, comeback Buffon tak selamanya disambut positif oleh publik. Ada yang menilai, kehadiran Buffon justru menyulitkan kiper-kiper muda seperti Gianluigi Donnarumma, Simone Scuffet, atau Mattia Perin untuk berkembang di Timnas Italia. Ada juga yang menilai, Buffon hanya memamerkan kemampuannya yang masih prima di usia 40 tahun.

Buffon yang memegang rekor caps Eropa sebanyak 175 caps menjawab kritikan dengan santai. Kiper yang bermain di Juventus tersebut yakin, masih bisa memberikan kontribusi untuk tim yang sudah diperkuatnya sejak tahun 1997 itu.

"Saya tidak memiliki apapun untuk menambahkan apa yang sudah terucap (diucapkan oleh publik). Semuanya tahu faktanya. Peran saya di dalam skuat selalu positif dan saya selalu menyatukan orang-orang. Saya selalu melakukannya sebelum saya datang ke sini," tegas Buffon.

"Saya tidak di sini untuk pamer. Saya masih berguna. Saya mungkin berusia 40 tahun, tapi saya kiper Juventus. Italia merupakan negara yang unik kala orang-orang menikmati kontroversi. Tapi, kontroversi apapun tentang saya hanya sensasi belaka. Setelah beberapa waktu, segala kontroversi ini akan berakhir," tuturnya, diberitakan Guardian, Jumat (23/3).

Pencapaian terbaik Buffon bersama Italia adalah saat menjuarai Piala Dunia 2006 di bawah arahan Marcello Lippi. Keberadaan Buffon sendiri juga bagus di satu sisi lainnya, karena skuat Italia saat ini membutuhkan sosok pemimpin untuk membuka lembaran baru, seiring pensiunnya Daniele De Rossi, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini.

Timnas Italia Gianluigi Buffon Juventus Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan