BolaSkor.com – Tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo yang baru datang di musim panas ini dari Real Madrid, Juventus sudah sangat kuat dengan raihan tujuh Scudetto dan empat titel Coppa Italia beruntun. Hal ini juga mempertegas dominasi mereka di antara klub-klub Italia lainnya.

Dari segi finansial, manajemen klub, kualitas dan kedalaman skuat, hingga mental bermain, Juventus satu level lebih di atas klub-klub Italia lainnya. Wajar jika Juventus dinilai lebih superior dan jauh lebih kuat musim ini seiring keberadaan Ronaldo.

Juve sejauh ini membuktikannya melalui tiga kemenangan beruntun di tiga laga awal Serie A kontra Chievo Verona (3-2), Lazio (2-0), dan Parma (2-1). Kendati demikian, gelandang sekaligus kapten AS Roma, Daniele De Rossi, menilai Juve masih dapat dikalahkan dan tidak menganggap mereka sebagai alien.

“Juve tidak berasal dari planet lain, meskipun mereka jelas lebih kuat dari tim-tim lain di Serie A. Dari segi level finansial, mereka mampu melakukan investasi yang tidak dapat dilakukan klub lainnya. Dari segi tersebut, mereka berada di jalur yang sangat berbeda,” tutur De Rossi kepada Il Romanista.

“Kendati demikian, kita semua bermain di lapangan pertandingan yang sama dan saya pikir benar untuk berkata Juve kesulitan melawan Chievo dan Parma musim ini,” lanjutnya.

Satu target yang ingin dikejar Juventus dengan mendatangkan Ronaldo tentu saja titel Liga Champions. Bianconeri sudah lama menantikannya sejak terakhir meraihnya pada musim 1995-96. Ketika Juve baru meraihnya dua kali dalam sejarah klub, Ronaldo sudah meraih lima titel Liga Champions bersama Manchester United dan Madrid.