BolaSkor.com - Teka-teki siapa pengganti Unai Emery di Paris Saint-Germain mulai terjawab. Bukan Antonio Conte, Massimiliano Allegri, atau Luis Enrique, pengganti Emery adalah pelatih asal Jerman berusia 44 tahun, Thomas Tuchel.

Sebagaimana dilansir Bild (11/4), media ternama Jerman, Tuchel sepakat menggantikan Emery dengan durasi kontrak dua tahun, plus opsi memperpanjang kontraknya selama semusim lagi di Parc des Princess. Ia akan memulai perjalanannya bersama PSG per musim 2018/19.

Tuchel sudah tidak melatih lagi sejak terakhir melatih Dortmund di medio 2015-2017. Dalam kurun waktu dua tahun tersebut, Tuchel sukses meraih titel DFB-Pokal dan menjaga performa Dortmund dengan skuat yang diwarisi Jurgen Klopp, yang hengkang ke Liverpool.

Sementara Emery, akan mengakhiri dua tahun perjalanannya bersama Les Parisiens - julukan PSG. Apa yang dilakukannya di PSG sebenarnya tidak buruk. PSG masih bersaing menjadi yang terbaik di Ligue 1 dan berpotensi menjuarainya musim ini, setelah musim lalu Monaco menjuarai Ligue 1. Emery juga sudah telah meraih titel Coupe de France, dua titel Coupe de la Ligue, dan dua trofi Trophee des Champions.

Namun, Emery tidak bisa mewujudkan ambisi dan hasrat besar Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, yang ingin melihat timnya berjaya di Liga Champions. Selama dua musim beruntun, PSG tersingkir dari 16 besar kala disingkirkan oleh Barcelona dan musim ini, oleh Real Madrid.

PSG bahkan telah mengeluarkan mahar melebihi 300 juta euro musim ini, ketika merekrut Neymar dan Kylian Mbappe - Mbappe dipinjam dari Monaco dengan opsi pembelian permanen di akhir sore. Kehadiran Neymar dan Mbappe merupakan bagian kecil dalam proyek besar Al-Khelaifi.

Konsorsium asal Timur Tengah, Qatar Sports Investments, membeli saham besar PSG pada tahun 2011. Sejak saat itu, PSG menjadi seperti Manchester City yang jor-joran belanja besar di bursa transfer pemain. Tekanan untuk sukses di Liga Champions pun akan dihadapkan Tuchel di musim depan, jika ia benar melatih PSG.