BolaSkor.com - Setiap El Clasico sangat penting, tetapi duel hari Minggu nanti (16/10, 21:15 WIB) antara Real Madrid dan Barcelona akan terasa lebih spesial karena ini akan menjadi ke-100 kalinya dua tim ini bertemu dalam kompetisi resmi di Santiago Bernabeu.

El Clasico pertama kali dihelat di stadion ini satu tahun setelah diresmikan, tepatnya pada 19 September 1948. Pada pertandingan itu Barcelona menang 2-1, dan terakhir kali Barca juga menang ketika tim asuhan Xavi tersebut mengalahkan pasukan Carlo Ancelotti 0-4 pada Maret 2022.

Secara keseluruhan, Real Madrid berhasil menang di 50 pertandingan dari 99 pertemuan, 22 hasil imbang, dan Barça mencatatkan 27 kali kemenangan.

Bernabeu adalah stadion yang paling sering menjadi tuan rumah pertandingan ini, tetapi ada juga beberapa stadion lainnya. Stadion Internasional King Fahd di Arab Saudi, tempat mereka bertemu untuk semifinal Piala Super Spanyol, adalah tempat ke-13 untuk menjadi tuan rumah pertandingan resmi El Clasico.

Baca Juga:

5 Alternatif Destinasi Baru untuk Kylian Mbappe Selain Real Madrid

Detail Klausul Pelepasan Erling Haaland yang Untungkan Real Madrid

Drama Baru Kylian Mbappe: Dilarang ke Madrid, Diizinkan Menuju Liverpool

Pertemuan kompetitif pertama dua tim ini terjadi di Copa de la Coronación, yang diadakan pada tahun 1902 di Hipódromo de la Castellana di Madrid, tempat yang lebih umum digunakan untuk pacuan kuda pada saat itu.

Itu adalah satu-satunya El Clasico kompetitif yang pernah diadakan di sana, sedangkan 248 lainnya dihelat di Santiago Bernabeu (99), Camp Nou (89), Les Corts (30), Chamartín (17), Mestalla (3), O'Donnell (3), Metropolitano (2), Velódromo Parque de Deportes (1), Vicente Calderón (1), La Romareda (1), Stadion Alfredo Di Stéfano (1), dan Stadion Internasional King Fahd (1).

Secara logika, empat stadion paling 'populer' yang pernah menghelat El Clasico adalah stadion dua tim ini. Real Madrid bermain di Stadion Chamartín dari tahun 1924 hingga 1946 sebelum pindah ke Bernabeu. Pada sisi lain, Barcelona bermarkas di Stadion Les Corts antara tahun 1922 dan 1957 sebelum pindah ke Camp Nou.

Stadion lain dalam daftar tersebut hanya beberapa kali menghelat pertandingan El Clasico. O'Donnell adalah kandang Real Madrid sebelum Stadion Chamartín dan menjadi tuan rumah beberapa El Clasico, sedangkan Stadion Metropolitano milik Atletico Madrid menjadi ‘kandang’ bari Real Madrid di ElClásico musim 1946/47 dan 1947/48 saat Bernabeu sedang dibangun.

Ada juga beberapa pertandingan El Clasico yang digelar di tempat netral untuk final Copa del Rey: Mestalla di Valencia tiga kali menghelat pertandingan ini, Vicente Calderón di Madrid dan La Romareda di Zaragoza masing-masing menghelat satu kali.

Beberapa stadion lain juga digunakan untuk pertandingan persahabatan. Camp de la Indústria mengadakan beberapa pertandingan pada tahun 1910-an, sebelum LaLiga dibentuk dan ketika pertandingan persahabatan lebih umum dilakukan.

Stadion Ramón de Carranza di kota Cádiz juga menjadi tuan rumah El Clasico sebagai turnamen pra-musim setiap musim panas.

Pada 1982, El Clasico tersaji di Piala Venezuela di Stadion Farid Richa di Barquisimeto. Kemudian, di musim panas baru-baru ini, Stadion Hard Rock Miami menjadi tuan rumah pertandingan persahabatan El Clasico yang dimenangi Barcelona 3-2 pada Juli 2017, sebelum Stadion Allegiant di Las Vegas menghelat pertandingan persahabatan pada Juli 2022 yang dimenangkan Blaugrana 1-0.