Bukan Kacang Lupa Kulit, Raphinha Bisa Berkembang Pesat Berkat Marcelo Bielsa

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 27 Juli 2022
Bukan Kacang Lupa Kulit, Raphinha Bisa Berkembang Pesat Berkat Marcelo Bielsa
Raphinha dan Marcelo Bielsa (Twitter)

BolaSkor.com - Penyerang sayap berusia 25 tahun, Raphinha, mengalami perkembangan signifikan dalam kurun waktu dua tahun dengan Leeds United (2020-2022). Perkembangan itu berujung transfernya ke Barcelona.

Blaugrana merogoh kocek hingga 50 juta poundsterling yang dapat meningkat hingga 55 juta plus bonus untuk merekrut Raphinha. Pemain asal Brasil salah satu rekrutan anyar Barcelona selain Pablo Torre, Andreas Christensen, Franck Kessie, dan Robert Lewandowski.

Perjalanan karier Raphinha berjalan dengan baik dan cepat dari Stade Rennes, Leeds, dan kini di Barcelona yang menjadi puncak dari perjalanannya di level klub. Raphinha juga punya sembilan caps dengan timnas Brasil dan telah mencetak tiga gol.

Tak mau jadi kacang lupa kulit, Raphinha mengingat dengan baik andil besar eks pelatihnya di Leeds United, Marcelo Bielsa, dalam perkembangan kariernya. Tuntutan yang dimintanya secara tak langsung mengembangkan karier Raphinha.

Baca Juga:

Diancam Pemotongan Gaji, Frenkie de Jong Disarankan Seret Barcelona ke Meja Hijau

Lima Pemain Barcelona Diharapkan Segera Temukan Klub Baru

Kisah Barcelona: Diam Dikira Bangkrut, Bergerak Banyak Merekrut

“Dia (Bielsa) adalah manajer yang banyak membantu saya sejak pertama kali saya tiba di Leeds. Dia selalu menuntut lebih, dia selalu menuntut performa maksimal," terang Raphinha seperti dilansir dari Football-Espana.

"Dia membantu saya untuk sampai ke tim nasional dan dia membantu saya untuk tiba di Barcelona. Jika bukan karena ajarannya, dalam kelompok atau individu, saya mungkin tidak akan berada di sini."

“Selain memiliki gaya bermain yang selalu memainkan (penguasaan) bola, dia mencari performa maksimal dalam latihan dan pertandingan, dia adalah orang yang penting bagi saya dan karier saya, saya akan selalu membawanya bersama saya."

Bielsa juga pelatih yang sangat dihormati oleh eks pelatih Barcelona, Pep Guardiola, dan juga memengaruhi gaya kepelatihannya. Keduanya dinilai punya filosofi yang sama dengan pelatih Barca saat ini, Xavi Hernandez. Tapi Raphinha tidak melihatnya demikian.

“Mereka berbeda, Marcelo memiliki cara kerja yang unik. Ini adalah 'gaya Marcelo Bielsa', sebut saja begitu. Setiap manajer berbeda. Sama halnya, setiap orang memiliki cara berbeda dalam menjalani hidup, setiap pemain dan setiap manajer berbeda dalam pekerjaan mereka," pungkas Raphinha.

Raphinha Barcelona FC Barcelona Leeds United Marcelo Bielsa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan