Bukan Kemampuan atau Teknik, Indra Sjafri Lebih Fokus kepada Kesehatan Pemain Muda

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 20 Juli 2018
Bukan Kemampuan atau Teknik, Indra Sjafri Lebih Fokus kepada Kesehatan Pemain Muda
Indra Sjafri (BolaSkor.com/Andhika Putra)

BolaSkor.com- Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, menjelaskan hal yang paling penting dalam mengembangkan pemain muda. Bukan kemampuan atau teknik, tetapi kesehatan menjadi faktor paling penting.

Fokus Indra terhadap kesehatan mulai muncul setelah satu di antara pemainnya mengalami sakit gigi sebelum bertanding pada Piala AFF U-19 di Sidoarjo beberapa waktu lalu. Akibat insiden tersebut, permainan tim menjadi terpengaruh.

Selain itu, perhatian kesehatan sejak usia dini juga dirasa masih minim. Indra menyebut Faktor nonteknis di Indonesia masih kurang diperhatikan.

“Saya rasa sekarang ini unsur kesehatan gigi dan kulit itu sangat penting ditanamkan sejak usai dini termasuk di kompetisi Danone ini. Soalnya, kemarin ada pemain saya, sehari sebelum bermain dia menderita sakit gigi. Itu sangat berpengaruh pada tim,” ujar Indra.

Keprihatinan Indra akan masalah kesehatan disampaikan langsung dalam acara Aqua Danone Nations Cup 2018 di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (19/7). Pelatih asal Sumatra Barat itu menekankan kepada pihak terkait agar mulai peduli pada kesehatan pemain muda, tidak hanya melulu tentang kemampuan dan teknik.

“Kalau kita ingin bersaing dengan sepakbola high level semua unsur di luar nonteknis harus diperhatikan karena itu sangat dibutuhkan seperti kebersihan dan kesehatan gizi. Hal itu paling baik diterapkan sejak usia dini,” tutur Indra.

Timnas Indonesia Timnas Indonesia U-19 Breaking News Indra sjafri
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan