Bukan Messi atau Ozil, Pemain Paling Kreatif di Piala Dunia Justru Berasal dari Inggris

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 20 Juni 2018
Bukan Messi atau Ozil, Pemain Paling Kreatif di Piala Dunia Justru Berasal dari Inggris
Ashley Young dan Kieran Trippier (Zimbio)

BolaSkor.com - Putaran pertama fase grup Piala Dunia 2018 telah berakhir. Satu kesimpulan besar darinya adalah: sepak bola telah berkembang pesat di hampir seluruh negara kontestan (minus Arab Saudi dan Panama). Kekuatan nyaris merata di seluruh grup. Bukti ini bisa dilihat dari kesulitan tim-tim favorit memenangi pertandingan.

Jerman yang notabene juara bertahan bahkan kalah 0-1 dari Meksiko. Belum lagi Argentina yang ditahan imbang 1-1 oleh tim debutan, Islandia. Inggris juga dipaksa bekerja keras untuk mengalahkan Tunisia, tim yang hanya diprediksi sebagai 'penghibur' di Piala Dunia 2018. Three Lions menang 2-1 berkat dua gol Harry Kane.

Berbicara soal Inggris, ada fakta menarik di balik kemenangan yang ditorehkan tim asuhan Gareth Southgate. Kane memang menyita perhatian dengan dua golnya. Tapi, rekan setimnya di Tottenham Hotspur, Kieran Trippier, juga tidak kalah hebat dengannya.

Dia mencatatkan enam peluang yang menjadikannya sebagai pemain paling kreatif di Piala Dunia - dengan perhitungan seluruh laga di putaran pertama grup. Apa yang dicatatkan Trippier memang hebat. Dia mengalahkan pemain kreatif seperti Lionel Messi, Mesut Ozil, Kevin De Bruyne, dan Neymar.

Lebih hebatnya lagi, Trippier bukanlah seorang gelandang serang atau pemain yang berposisi di area ofensif, melainkan bek kanan yang menjadi bek sayap kanan dalam skema 3-5-2 Inggris. Di antara enam peluang yang diciptakannya melawan Tunisia, dua di antaranya berasal dari sepak pojok yang berbuah gol Kane.

Sejak Piala Dunia 1966 - tahun di mana Inggris juara Piala Dunia - hanya David Beckham yang dapat mencatatkan peluang lebih banyak dari Trippier di satu laga. Kebetulan atau tidak, Beckham uniknya adalah pemain idola bagi Trippier.

"Dia (Beckham) orang yang selalu saya kagumi. Saya mempelajari Beckham dan Andrea Pirlo mengenai cara mereka melakukan umpan silang dan melakukannya dengan cepat, adalah kuncinya," tutur Trippier, dilansir dari Marca, Rabu (20/6).

"Saya banyak bekerja dengan pelatih lama saya, Steve Eyre, dan mempraktikkannya (umpan silang) selama berjam-jam di Platt Lane di Manchester sampai saat ini, saya terus mencoba berlatih mengasah segalanya."

Sudah jelas terlihat darimana kemampuannya memberikan umpan silang muncul. Berlatih kian menyempurnakan segalanya. Trippier tidak hanya sekedar mengagumi Beckham, tapi juga terus bekerja keras mengasah kemampuannya dalam mengirim bola.

"Kualitasnya (Trippier) dengan bola sangat hebat dan caranya menendang bola di situasi bola mati sangat bagus, begitu juga umpan silangnya ketika berada di pertahanan lawan," tambah Southgate memuji Trippier.

Bury Beckham. Inilah julukan yang diberikan media Inggris kepada pemain kelahiran Bury, 19 September 1990. Pada usia emas pesepakbola Eropa, 27 tahun, Trippier diharapkan dapat terus memberikan suplai bola matang kepada Kane untuk memberikan kejayaan kepada Inggris di Piala Dunia 2018.

Breaking News Timnas Inggris Piala Dunia 2018 Kieran Trippier
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan