Bukan Neymar, Ruh Permainan Brasil adalah Philippe Coutinho

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 27 Juni 2018
Bukan Neymar, Ruh Permainan Brasil adalah Philippe Coutinho
Philippe Coutinho (Zimbio)

BolaSkor.com - Ketika berbicara tentang timnas Brasil, maka nama Neymar akan muncul seperti halnya ketika membahas Cristiano Ronaldo di Portugal dan Lionel Messi di Argentina. Wajar, ketiganya pemain super berkualitas yang dianugerahi kemampuan bermain bola.

Neymar pun demikian. Meski belum meraih Ballon d'Or sebanyak Ronaldo dan Messi, dia memiliki kemampuan untuk mengubah hasil akhir pertandingan bagi tim yang dibelanya. Pada level klub, Neymar sudah membuktikannya di Paris Saint-Germain (PSG).

Namun pada perhelatan Piala Dunia 2018 yang tengah berlangsung, Neymar baru mencetak satu gol dan kesulitan mengeluarkan potensi terbaiknya saat melawan Swiss dan Kosta Rika di penyisihan Grup E.

Dibanding Neymar, Philippe Coutinho justru tampil gemilang dengan kemampuannya mengatur serangan, melepaskan tendangan jarak jauh, men-dribbel bola, dan juga mencetak gol. Dia sudah dua kali mencetak gol masing-masing ke gawang Swiss dan Kosta Rika.

Bersama Neymar, Coutinho paling aktif melepaskan tendangan ke gawang lawan dengan jumlah total 10 tendangan - empat tepat sasaran, tiga melenceng, dan tiga tendangan yang diblok lawan. Legenda Brasil, Kaka, juga setuju jika Coutinho sejauh ini jadi pemain penentu untuk Selecao.

"Neymar pemain terbaik kami dan saya pikir, Tite (pelatih Brasil) melakukan pekerjaannya dengan hebat dalam menanganinya, mencoba membuatnya nyaman sebisa mungkin dan membuat tim semakin kuat," ucap Kaka.

"Skuat sangat kuat dan kita semua melihat Coutinho sebagai protagonis, pemain paling menentukan di Brasil," lanjut legenda AC Milan itu kepada ESPN, Selasa (26/6).

Brasil sendiri belum sepenuhnya aman masuk ke-16 besar Piala Dunia 2018. Mereka masih bisa tersingkir apabila di laga terakhir grup E kalah dari Serbia, lalu Swiss imbang atau menang melawan Kosta Rika. Brasil mengoleksi empat poin, sama dengan Swiss, diikuti Serbia dengan raihan tiga poin. Jadi, nasib sepenuhnya ada di tangan Brasil.

Breaking News Neymar Philippe Coutinho Timnas Brasil Piala Dunia 2018 Kaka
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan