BolaSkor.com - Bruno Fernandes memang menjadi bintang kemenangan Manchester United saat menaklukkan Istanbul Basaksehir dengan skor 4-1 di Old Trafford, Rabu (25/11) dini hari WIB. Namun kehadiran Donny van de Beek membuat Setan Merah tampil beda.

Keputusan Manchester United memboyong Van de Beek pada musim panas lalu memang mengundang kontroversi. Selain harganya yang cukup tinggi, sang pemain justru lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Van de Beek bahkan dianggap tak lebih bagus dari para gelandang yang dimiliki tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Ia seolah-olah hanya menjadi pajangan saja.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan Liga Champions: Manchester United Berjaya, Barcelona Lolos 16 Besar

Menyibak Alasan Bruno Fernandes Berikan Tendangan Penalti ke Marcus Rashford

Bukan Tiki-Taka Apalagi Filanesia, Solskjaer Ungkap Filosofi Main Man United

Donny van de Beek

Namun laga kontra Basaksehir menjadi panggung Van de Beek menjawab kontroversi tersebut. Ditampilkan sebagai gelandang bertahan sejak menit pertama, pemain berambut pirang itu memberi warna baru dalam permainan Manchester United.

Permainan satu dua sentuhannya yang sederhana terbukti membuat aliran bola ke lini depan lebih hidup. Duetnya dengan Fred juga mampu menjadi benteng yang kuat untuk barisan pertahanan.

Van de Beek percaya diri dalam menguasai bola dengan total 73 sentuhan dan akurasi operan mencapai 88 persen. Dia juga menciptakan dua peluang dan memberikan operan kunci pada gol keempat yang dicetak Daniel James.

Performa yang ditunjukkan pada laga Basaksehir seolah menjadi jawaban posisi yang tepat untuk Van de Beek. Solskjaer memang sempat mencoba memainkannya di sejumlah posisi.

Legenda Manchester United, Rio Ferdinand merasa peran Van de Beek sangat dibutuhkan di tim asuhan Solskjaer. Ia dianggap bisa meningkatkan level permainan setiap pemain di sekitarnya.

"Dia satu-satunya pemain yang bisa memainkan satu dua sentuhan dan tetap sederhana. Dia mengorbankan sebagian dari permainannya untuk membantu orang lain dan anda membutuhkannya di saat-saat yang menyenangkan," kata Ferdinand kepada BT Sport.

"Dia satu-satunya pemain yang akan membuat pemain lain bermain bagus."

Hal tak jauh berbeda juga diungkapkan Paul Scholes. Ia menganggap Van de Beek pemain yang brilian.

“Apa yang kami lihat malam ini adalah posisi terbaiknya. Saya pikir dia cukup bagus di posisi bertahan, tapi dia akan membawa lebih banyak kualitas dalam membantu serangan," kata Scholes.

Penampilan apik Van de Beek semakin membuat sengit persaingan di lini tengah Manchester United. Secara tak langsung, posisi Paul Pogba yang berstatus pemain termahal klub kian terlupakan.