Bukan Salah atau Mane, Kunci Permainan Liverpool Adalah Bobby Firmino

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 29 September 2018
Bukan Salah atau Mane, Kunci Permainan Liverpool Adalah Bobby Firmino
Roberto Firmino (Zimbio)

BolaSkor.com - Apa yang terbelesit di pikiran Anda ketika berbicara soal Liverpool? Anfield, Jurgen Klopp, Sadio Mane, Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Alisson Becker. Dua nama terakhir disebut karena total transfer keduanya mencapai 100 juta euro lebih. Tidak salah berpikir demikian, tapi, pernahkan Anda berpikir soal Roberto Firmino?

Melihat penampilan pemain asal Brasil secara menyeluruh, kontribusinya jauh lebih besar ketimbang kecepatan bak Flash Mo Salah dan Mane. Firmino petarung yang memudahkan Jurgen Klopp menerapkan filosofi gegenpressing dengan aturan mendasar: lakukan pressing (tekanan) ketat kepada lawan, rebut bola, dan menyerang balik dengan efisiensi tinggi untuk mencetak gol.

Itulah yang dilakukan Firmino. Statusnya penyerang, namun ia tidak segan mengejar lawan terdekat yang menguasai bola untuk coba merebutnya, mengganggunya agar tidak mampu mengembangkan permainan dengan leluasa. Hebatnya, torehan golnya juga tetap terjaga - musim ini sudah mencetak tiga gol dan memberi dua assists dari delapan penampilan di seluruh kompetisi.

Bagi Anda fans lawas Liverpool pasti sekilas melihat Firmino seperti mantan pemain Reds pada medio 2006-2012, Dirk Kuyt. Ia juga petarung seperti Firmino dan gigih merebutkan bola meski posisinya striker. Bedanya, Firmino lebih tajam mencetak gol dibanding Kuyt.

"Kuncinya (permainan Liverpool) adalah Firmino. Ia sangat jenius ketika Anda menyaksikannya dari jarak dekat. Dia tertarik membangun serangan sama halnya seperti mencetak," ucap legenda Liverpool, Steven Gerrard menyoal Firmino, diberitakan BBC Sport.

Gerrard, yang kini menjadi manajer Rangers, sempat bermain dengan Firmino di Liverpool sebelum pindah ke Los Angeles Galaxy. Ia sedikit bercerita pengalamannya bermain dengan Firmino "Tiap kali saya menerima bola dia selalu tersedia dan mencari pemain lainnya - dia pemain impian untuk diajak bermain bersama," imbuh Gerrard.

Guna melihat kontribusinya dalam membantu tim, statistik membuktikan per 4 September lalu bahwa Firmino melakukan sembilan tekel - lebih dari striker manapun di antara lima liga top Eropa. Di Premier League musim ini, Firmino sudah melakukan 14 tekel.

Lebih lanjut menurut situs statistik top Eropa, Whoscored, Firmino juga memiliki titik terkuat pada kemampuannya dalam memberi kontribusi bertahan. Tidak heran jika Gerrard menyebutnya sebagai pemain kunci. Jadi, keberhasilan Liverpool menyapu enam laga awal Premier League dengan kemenangan juga tidak lepas dari peran Firmino.

Breaking News Mohamed salah Sadio Mane Roberto Firmino Liverpool Jurgen Klopp Steven Gerrard
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan