Bukan Sekedar Juara, Barca Kejar Kesempurnaan Titel La Liga 2017/18

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 23 Maret 2018
Bukan Sekedar Juara, Barca Kejar Kesempurnaan Titel La Liga 2017/18
Barca incar kesempurnaan mengejar titel La Liga 2017/18 (Getty Images)

BolaSkor.com - Titel La Liga sudah di depan mata Barcelona. Mereka sudah menentukan sendiri nasib mereka dalam meraih titel kompetisi liga tertinggi dalam sepak bola Spanyol tersebut. Tidak ada satupun tim yang mengejar mereka. Kecuali, jika Barcelona menelan banyak hasil imbang atau kekalahan, yang mana kecil kemungkinan hal tersebut terjadi musim ini.

Jika sukses meraih titel La Liga 2017/18, maka trofi itu akan menjadi yang ke-25 bagi klub kebanggaan masyarakat Catalunya tersebut. Raihan itu akan semakin bertambah spesial bagi Barca, karena mereka sukses meraihnya dari sang juara bertahan yang notabene rival bebuyutan, Real Madrid.

Namun, meraih trofi saja tidak cukup bagi Barcelona. Mereka bisa meraihnya dengan kesempurnaan yang akan membuat Cules -sebutan fans Barca- bangga. Barca bisa mengikuti jejak Athletic Club Bilbao di musim 1929/30, Valencia di musim 1943/44, dan Madrid di musim 1960/61, 1962/63, dan 1987/88. Jejak apa yang diikuti Barca?

Jawabannya, jejak itu adalah raihan rekor sempurna dengan menyabet segala penghargaan dari gelar juara, gelar Pichichi (top skor La Liga), Zamora (kiper terbaik), serta mengakhiri musim sebagai tim yang paling banyak mencetak gol di La Liga dan kebobolan sedikit gol. Barca asuhan Ernesto Valverde sudah berada di jalan yang tepat untuk meraupnya.

Berbicara gelar La Liga, Barca hanya perlu menjaga rekor tak pernah kalah mereka musim ini dan menjaga jarak dengan rival terdekat, Atletico Madrid, yang saat ini terpaut 11 poin. Pun demikian untuk gelar Zamora, di mana Marc Andre ter Stegen saat ini mengungguli dua pemenang beruntun sebelumnya, Jan Oblak. Dari 29 pertandingan, Ter Stegen hanya kebobolan 13 kali, satu lebih sedikit ketimbang Oblak yang bermain di Atletico Madrid.

Pertahanan Barca juga yang terbaik saat ini karena hanya kebobolan 13 gol. Lagi-lagi, Atletico mengekori mereka dengan catatan 14 kebobolan. Persaingan tipis ada di sektor jumlah gol kebobolan tersedikit. Begitu juga untuk urusan jumlah gol terbanyak di La Liga. Barca telah 74 kali mencetak gol. Kali ini, bukan Atletico yang menempel ketat mereka, melaikan Madrid dengan total 73 gol sejauh ini.

Lalu mengenai perebutan Pichichi, Lionel Messi memimpin puncak top skor dengan torehan 25 gol, menyusul di bawahnya sang rival, Cristiano Ronaldo, yang telah mencetak 22 gol. Melihat persaingan ketat tersebut, menarik untuk dinanti, apakah Barca bisa mengejar kesempurnaan tersebut.

FC Barcelona Lionel Messi Marc-Andre ter Stegen La Liga Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.167

Bagikan