Bukan Taktik, Erik ten Hag Ungkap Kunci Menangi Derby Manchester

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 15 Januari 2023
Bukan Taktik, Erik ten Hag Ungkap Kunci Menangi Derby Manchester
Manajer Manchester United, Erik ten Hag (Twitter)

BolaSkor.com - Reputasi Erik ten Hag sebagai juru taktik papan atas semakin diakui usai berhasil membawa Manchester United menang atas Manchester City. Namun dirinya mengaku taktik bukan menjadi faktor penentu hasil ini.

Dalam laga lanjutan Premier League 2022-2023 yang berlangsung di Old Trafford, Sabtu (14/1), Manchester United mengalahkan Manchester City dengan skor 2-1. Kemenangan ini diraih lewat comeback yang dramatis.

Manchester United memang tertinggal lebih dulu lewat sundulan Jack Grealish pada menit ke-60. Namun tim asuhan Ten Hag sukses membalikkan kedudukan melalui aksi Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

Baca Juga:

Manchester United 2-1 Manchester City: Gol Kontroversial Nodai Derby

Soal Gol Kontroversial Manchester United, Pep Guardiola Ogah Berpolemik

Golnya Dianggap Kontroversial, Bruno Fernandes Jelaskan Apa yang Terjadi

Ten Hag dianggap menerapkan strategi jitu dalam pertandingan ini. Hal itu tak lepas dari fakta sulitnya Manchester City mengembangkan permainan.

Barisan pertahanan Manchester United juga sukses mengunci pergerakan Erling Haaland. Penyerang berkebangsaan Norwegia yang juga berstatus top skorer sementara Premier League itu tak bisa berbuat banyak.

Namun Ten Hag menilai taktik tak terlalu penting dalam pertandingan seperti ini. Ia justru lebih fokus membenahi mentalitas para pemain.

"Orang-orang berbicara tentang taktik, tetapi salah satu hal terpenting yang diubah seorang manajer adalah mentalitas dan ketahanan. satu momen dapat mengubah permainan," kata Ten Hag kepada The Independent.

"Kami jauh lebih baik menghadapi situasi ini daripada beberapa bulan lalu yang dipenuhi kemunduran dan penderitaan."

“Anda harus tangguh. Anda ditendang dan itu menyakitkan, tetapi Anda harus terus maju, berjuang hadapi saat yang menyakitkan," tambahnya.

Pesan tersebut tampaknya dicerna dengan baik oleh para pemain Manchester United. Terbukti Bruno Fernandes dan kawan-kawan tampil ngotot sepanjang laga meski sempat tertinggal lebih dulu.

Mentalitas seperti ini tentu akan coba dipertahankan oleh Ten Hag. Manchester United kini layak menjadi kandidat baru untuk merebut gelar juara.

Erik ten Hag Manchester United Derby Manchester Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan