Bundesliga Menjadi Tujuan Para Pemain Muda Inggris, Mengapa Demikian?

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 01 Maret 2018
Bundesliga Menjadi Tujuan Para Pemain Muda Inggris, Mengapa Demikian?
Banyak pemain muda Inggris yang memilih melanjutkan karier di Bundesliga (Ronny Hartmann - Getty Images)

BolaSkor.com - Publik Inggris takkan melupakan tahun 2017 sebagai tahun yang bersejarah bagi mereka. Bukan karena tim Inggris menjuarai Liga Champions, bukan. Melainkan hattrick trofi pada level timnas junior Inggris di turnamen internasional.

Ketiga trofi itu adalah titel Piala Dunia U17, Piala Dunia U20, dan Piala Eropa U19. Kesuksesan itu diikuti performa hebat tim yang berpatisipasi di Turnamen Toulon. Semua ini seharusnya membuat masyarakat Inggris bangga, mereka mungkin berpikir, "Masa depan Inggris cerah".

Mimpi untuk kembali meraih titel Piala Dunia sejak terakhir meraihnya pada tahun 1966 pun bukan sekedar impian belaka. Asal para pemain muda tersebut digembleng dengan tepat, berkembang ke arah yang benar, dan tentunya, semakin matang dengan banyaknya jam terbang yang mereka lalui.

Berbicara jam terbang para pemain muda Inggris, di sinilah letak permasalahannya. Seperti yang telah diketahui, kebanyakan pemain muda Inggris menemui kesulitan untuk tampil reguler bersama klubnya masing-masing, khususnya bagi mereka yang bermain untuk klub Premier League.

Premier League merupakan salah satu liga terbaik dunia. Namun ironisnya, pemain-pemain lokal justru sulit berkembang, karena manajer klub Premier League lebih memilih pemain asing yang berpengalaman serta matang untuk mewujudkan ambisi, atau target yang dicanangkan petinggi klub.

Oleh karenanya, wajar jika para pemain muda Inggris sulit berkembang karena tidak bermain di pertandingan kompetitif, melainkan tim muda atau cadangan klub - tanpa tekanan yang sesungguhnya.

Beberapa di antara mereka pun akhirnya memutuskan berkarier di luar negeri, kebanyakan di Jerman seperti: Kaylen Hinds, Jadon Sancho, Reece Oxford, Ademola Lookman, Mandela Egbo, dan Ryan Kent yang sempat bermain di Freiburg, sebelum dipinjamkan Liverpool ke Bristol City pada Januari lalu.

Sejauh ini, Jerman, khususnya klub-klub Bundesliga, menjadi tujuan pasti bagi para pemain muda Inggris. Mengapa demikian?

Bundesliga Jerman Premier League Borussia Dortmund Borussia monchengladbach
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan